Inggris vs Indonesia dalam Hal Kemewahan

Saya kurang lebih sudah berdiaspora di Inggris selama tiga bulanan. Dengan iklim, bahasa, dan sosial masyarakat yang berbeda, saya yang hampir seumur hidup hanya mendekam di pulau Jawa alhamdulillah dapat menyesuaikan diri tanpa mengalami gegar budaya / culture shock yang berarti.

Nah, setelah hidup ‘sesebentar itu’ di sini, saya semakin menyadari bahwa banyak hal di Inggris yang menjadi ‘interesting‘ jika dibandingkan dengan Indonesia, salah satunya adalah kemewahan. Banyak hal mewah di Indonesia yang menjadi lumrah di Inggris; begitu juga sebaliknya. Beberapa di antaranya berhasil membuat saya rindu tanah air.

Alright. Here we go.

Disclaimer: Semua saya tulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan kecil-kecilan saja. Feel free to correct.


Biasa Saja di Inggris, Mewah di Indonesia

1. Junk Food Ala KFC dan MCD

Image result for mcd longsight
Makanan ‘Normal’ Orang Inggris oleh https://ubereats.com

Makan kentang goreng, burger, dan ayam di restoran fast food ala KFC dan MCD di Indonesia mungkin serasa mahal dan hanya dilakukan sesekali. Namun, di Inggris, jenis makanan seperti ini ibarat warteg dan nasi uduk; murah dan tersedia di mana-mana. Sebaliknya, restoran ala Asia malah lebih mahal (nasi ayam di restoran Malaysia bisa Rp170.000 seporsi, bro!)

2. Alkohol, Bir, dan Sebangsanya

Image result for beer in asda
Bir di Supermarket Asda oleh https://thermologistics.com

Karena Indonesia mayoritas Muslim, minuman beralkohol tidak umum dikonsumsi. Alhasil, minuman jenis tersebut menjadi sangat mahal. Di Inggris, pub dan bar bertebaran di mana-mana. Toko-toko ala ind*maret juga banyak yang menjual minuman seperti ini. Sebagai perbandingan, sebotol Jack Daniel’s, di saat di Indonesia berharga Rp700.000 – Rp1.000.000, di Inggris berharga sekitar Rp450.000. Dengan UMR Inggris yang jauh di atas Indonesia, tentunya minuman tersebut menjadi jauh lebih murah.

Masih ingin bir murah di Indonesia? Intisari is the answer.

3. Tiket Pesawat Domestik

Image result for british airways
British Airways, Maskapai Nasional Inggris oleh ehttps://news.sky.com

Sebetulnya, ini tidak bisa dibilang “benar-benar” lebih mewah, sih. Lebih tepat disebut lebih susah dijangkau (secara harga). Jika membandingkan harga tiket pesawat domestik di Inggris dan Indonesia dengan berbagai rute yang berjarak relatif sama, kita tahu bahwa harga tiketnya tidak terlalu jauh beda. Misalnya, harga tiket pesawat London – Glasgow dan Jakarta – Palembang adalah berturut-turut (paling murah) £33 dan £32 (£1 = Rp17.500 – Rp18.0000-an). Dengan rata-rata UMR Inggris yang jauh lebih tinggi daripada Indonesia, harga tersebut tentunya jauh lebih terjangkau di Inggris.

Terima kasih kepada para maskapai yang telah menaikkan harga tiket domestik di Indonesia sampai-sampai mencekik dompet (sekarang sudha mulai murah lagi tapi, sih).

4. Kulit Putih

Image result for british women
Wanita Inggris oleh https://russianbrides.com

Pernah terpikir untuk mempunyai kulit putih dan cerah ala model iklan kosmetik? Well, di Indonesia, hal tersebut sangat lumrah dan bahkan banyak orang yang rela menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk kosmetik dan perawatan kulit putih. Di Inggris? Hampir semua orang Inggris berkulit putih ala bule. Jadinya, mempunyai kulit putih bukan lagi hal yang spesial. Bahkan, kulit cokelat cenderung lebih menarik di sini daripada kulit pucat dengan bercak merah ala bule (no offense, ini hanya perbandingan).

5. Apartemen

Image result for flat in manchester
Apartemen di Manchester oleh https://bridgfords.com

Apartemen terdengar seperti barang mewah di Indonesia. Namun, di Inggris, apartemen justru dihuni oleh orang-orang yang belum mampu membeli rumah alias berpenghasilan biasa-biasa. Mengapa? Karena harga rumah di sini luar biasa mahal bakan untuk dikontrak! Harga sewa rumah yang saya tempati, misalnya, adalah £1,200 atau sekitar Rp20.000.000 per bulan (untung saya sharing dengan penghuni lain). Mau ngekos ala Indonesia? Tidak semudah itu, ferguso. Kita tidak bisa membuat rumah sembarangan di Inggris karena faktor iklim. Mau menjadi gelandangan? Siap-siap beku pas musim dingin.

Biasa Saja di Indonesia, Mewah di Inggris

1. Sinar Matahari

Image result for sunlight in uk
Menikmati Matahari oleh https://icenimagazine.co.uk

Cuaca Inggris itu “seburuk-buruknya cuaca!”. Serius. Sepanjang tahun, cuaca didominasi awan mendung dan hujan. Memasuki musim dingin, durasi siang akan berkurang menjadi hanya sekitar 6 – 8 jam. Dengan keadaan seperti itu, sinar matahari jarang muncul menghangatkan bumi Ratu Elizabeth ini. Begitu muncul matahari, semua orang akan keluar rumah dan bertingkah seperti musafir yang menemukan oase di padang pasir (agak lebay, sih, haha). Di Indonesia? Sinar matahari malah bahkan sering menjadi tersangka dari panasanya bumi Indonesia.

2. Buah dan Sayuran Tropis

Image result for tropical fruit
Buah-Buahan Tropis oleh https://www.jamieoliver.com

Buah dan sayuran Indonesia, di Inggris, seperti kangkung, kacang panjang, salak, dan durian, jarang ditemukan. Sekalinya ada, harganya bisa membuat mengeringkan isi dompet. Sebagai contoh, kacang panjang berharga sekitar Rp100.000 perkg, lebih mahal daripada daging ayam perkg. Maka dari itu, pencok kacang menjadi makanan yang lebih mewah daripada ayam tepung bumbu.

3. Daun Pisang

Image result for banana leaf
Daun Pisang, Barang Mewah di Inggris, https://pixers.uk

Daun pisang di Indonesia nyaris bukan merupakan komoditas perdagangan karena tersedia di mana-mana dan bahkan pohon pisang bisa tumbuh tanpa diundnag di pekarangan rumah. Di Inggris? Di Amazon, daun pisang 500g dibandrol dengan harga sekitar Rp120.000. Luar biasa! Saya mendadak ingin berjualan daun pisang di sini supaya penggunaan plastik sekali pakai dalam bungkusan makanan bisa dikurangi.

4. Jasa Tenaga Manusia

Related image
Pijat Murah?  No Way! oleh https://livingsocial.ie

Tenaga manusia sangat dihargai di Inggris. Maka dari itu, harga jasa-jasa seperti cukur rambut, pijat, dan cleaning service bisa melambung tinggi. Sebagai contoh, harga cukur rambut dengan servis seadanya (tanpa pijat, creambath, dll) bisa mencapai Rp170.000. Jika ingin lebih mewah? Bisa mencapai Rp400.000! Jika banyak keluarga di Indonesia yang menggunakan jasa asisten rumah tangga, beda halnya dengan Inggris. Di sini, jika hire asisten rumah tangga, kita pasti super kaya.

5. Rokok

Related image
Rokok Inggris oleh https://bbc.co.uk

Mungkin karena pajak rokok sangat tinggi, harga rokok bisa sangat mahal di Inggris (mungkin di atas Rp100.000 perbungkus). Rokok tidak digunakan banyak orang di sembarang tempat seperti di Indonesia dan menurut beberapa sumber yang saya baca, rasanya tidak ‘segurih’ rokok Indonesia.


Nah begitulah ulasan kali ini. Kita lihat, tidak semua hal di negara maju itu serba lebih enak daripada berbagai ‘kemewahan’ di Indonesia. Mari sama-sama bangga menjadi orang Indonesia.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: