Dagelan Penipuan Jasa Masuk PTN

Ketika scrolling profil facebook sendiri untuk mencari inspirasi post blog, saya dibuat nostalgia dengan munculnya post mengenai seorang penipu jasa masuk PTN abal-abal yang modus penipuannya pun terlalu ‘bodoh’, sangat bodoh. Akhirnya, karena topiknya masih berkaitan dengan dunia pendidikan, saya post deh di sini.

Langsung saja, ya.

Penipuan Terbodoh Sepanjang Sejarah

Jadi, pada tahun 2014 akhir, ada sebuah akun facebook yang menawarkan jasa untuk masuk jurusan kedokteran di berbagai PTN ternama menggunakan ‘jalur khusus’. Entah jalur apa yang dimaksud, yang jelas akun ini lumayan gencar bergerilya di berbgaai grup berbau SNMPTN-SBMPTN untuk mencari korban.

Karena (mungkin) greget dan penasaran ingin melucuti penipu ini, seorang netizen facebook menanyakan hal berikut:

“Kalau bisa, saya ingin masuk ke Kedokteran ITB.”

Lalu, apa jawabannya?

No photo description available.
Screenshot Paling menghibur Sepanjang Sejarah

Sejak kapan ITB buka jurusan Kedokteran? Tell me if it does because I am away from Indonesia now!

Jika saya jadi dia, saya akan melakukan riset terlebih dahulu sebelum tipu-tipu murahan seperti itu.

Selain itu, penipuan dia juga tidak masuk akal. Dia menawarkan jasa tersebut di tengah-tengah semester ganjil perkuliahan dan pada waktu tersebut, sebagian besar perguruan tinggi sedang melaksanakan UTS. Masa iya tiba-tiba masuk kuliah di tengah jalan.

“Bisa masuk jalur percepatan, kok.” Said by other deceivers

Beungeut sia percepatan!

Cerita Serupa

Kali ini, si penipu terlihat sedikit lebih cerdas dna profesional. Si penipu mempunyai fanspage yang ‘terlihat profesional’, lumayan kontras dengan si penipu pertama yang terlihat serampangan. Jadi, saya harus berusaha sedikit ekstra untuk membongkar kedoknya.

Ceritanya, saya menemukan seseorang yang menawarkan “jasa masuk kedokteran” di sebuah grup SBMPTN. Akun tersebut bernama “Bimbel Tes Kedokteran”. Dia menawarkan jasa masuk Kedokteran dan Kedokteran Gigi, dan menawarkan kemudahan berupa “bayar setelah lulus”. Dari awal, saya sudah mengira bahwa hal-hal seperti ini itu adalah penipuan. Oleh karena itu, saya melakukan penyelidikan dengan berpura-pura sebagai konsumen dia.

Pertama, saya melihat profilnya. Ada yang janggal. Dia mencantumkan pendidikan di Fakultas Ilmu Kedokteran UGM tetapi tinggal di Jakarta. Lah, bagaimana ceritanya. UGM kan adanya di Jogjakarta. Selain itu, di UGM, tidak ada Fakultas Ilmu Kedokteran. Adanya Fakultas Kedokteran.

No photo description available.
UGM Pindah ke Jakarta

Logikanya, lembaga profesional tidak mungkin membuat kesalahan sekonyol ini, kan?

Tapi, hal ini masih belum bisa membuktikan apa-apa.

Kembali ke chat.

Saya berpura-pura jadi konsumen. Pertama, saya bilang bahwa saudara saya mau masuk FK ITB. Rencananya, saya ingin menguji dia. Akhirnya, dia menjawab “Di ITB gak ada FK mas”. Oke, ternyata dia tidak sebodoh penipu pertama. Penyelidikan berlanjut.

No photo description available.
Tidak Sebodoh Penipu Pertama

Akhirnya, saya bilang, “Oh iya lupa, maksudnya FK Unpad.”. Dia langsung bilang “Bisa, Mas. Jasanya 300 juta. Dibantu lewat SBMPTN dan UM”

Buset. Tiga ratus juta?

Lagi-lagi, ada yang aneh di sini. Pertama, dia tidak menyebutkan bantuan seperti apa yang dimaksud. Kedua, dia bilang bisa bantu lewat SBMPTN dan UM. Padahal, pada tahun 2015, Unpad tidak membuka UM untuk S-1, termasuk Kedokteran. Hal ini semakin meragukan kredibilitas tawaran dia.

Puncaknya, saya menanyakan perihal bantuan apa yang dimaksud. Selain itu, saya menguji dia dengan bilang “FK Unpad itu di kampus Jatinangor yang letaknya dekat FIB dan sedang ditambah gedungnya, kan?”. Dia menjawab “Iya, Mas.” dengan mengabaikan pertanyaan saya yang pertama.

No photo description available.
Oooww! Kamu Ketahuan!

What?

Well … sejak kapan FK Unpad letaknya dekat FIB? Makin mengada-ngada saja. FK Unpad itu letaknya jauh dari FIB. FK Unpad letaknya berdekatan dengan FKG, Mesjid Raya Unpad, Fapsi, dan Arboretum. Selain itu, di Unpad, tidak sedang ada pembangunan gedung FK pada saat itu.

Well. Saya kembali menanyakan perihal bantuan apa yang dimaksud dan see? dia tidak membalas pesan saya.

Sudah cukup jelas, ya, bahwa akun ini merupakan penipu.


Jangan percaya dengan hal-hal seperti ini.

Oke lah iming-imingnya yang menawarkan bayar setelah lulus memang menggiurkan. Tetapi, di sinilah letak modusnya. Si konsumen disuruh bayar sekian juta untuk “bantuan” yang tidak jelas itu. Setelah pengumuman, dia akan menarik uang dari konsumennya yang lulus masuk PTN. See the point? tidak ada jaminan bahwa kelulusan si konsumen itu didapat atas bantuan dia. Bisa saja, sebenarnya, si konsumen lulus dengan hasilnya sendiri, usahanya sendiri. Tanpa meminta jasa si penipu pun, dengan performa tes yang sama, dia akan tetap lulus because the deceiver does nothing.

Terlebih lagi, jika benar-benar serius ingin kuliah, seharusnya semua calon mahasiswa PTN bertindak fair. Kalau ikut jasa seperti ini, sama saja dengan memelihara mental koruptor. Jadi, stop menggunakan jasa-jasa seperti ini.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: