Tips Agar Tenang dalam Menghadapi Pengumuman

Halo, semuanya. Sebentar lagi, pengumuman SNMPTN, ya? Tak terasa sudah SNMPTN 2019 ternyata. Saya merasa semakin tua jika ingat SNMPTN 2013 dulu. 

By the way, karena saya sudah beberapa kali menghadapi pengumuman mendebarkan seperti ini (SNMPTN 2013, SBMPTN 2013, SBMPTN 2014, Simak UI 2014, beberapa olimpiade, kelulusan S-1, penerimaan universitas S-2, Beasiswa LPDP), saya ingin sedikit berbagi tips agar kita tenang dalam menghadapi salah satu penentuan masa depan kita.

P. S. : Dalam artikel ini, saya akan memaparkan tips saya lewat kacamata pengumuman SNMPTN. Namun, tips ini juga berguna untuk menghadapi pengumuman-pengumuman lain seperti SBMPTN.


1. Cari Kesibukan

Image result for person reading
Membaca Buku oleh http://www.businessinsider.com

Semakin dipikirkan, semakin pula SNMPTN membuat kita deg-degan setengah mati. Kecemasan seperti itu tentunya dapat menganggu aktivitas kita, tetapi technically tidak akan mengubah hasil SNMPTN kita. Jadi, untuk mengalihkan perhatian kita dari SNMPTN, carilah kesibukan. Lebih bagus lagi jika kesibukannya bersifat produktif seperti nonton film dokumenter dan baca buku.

2. Berhentilah Denial

Image result for denial
Denial oleh www.canr.msu.edu

Denial yang dimaksud di sini adalah bersifat menolak suatu fakta atau prediksi masuk akal secara terus menerus dari dalam diri. Misalnya, setelah melakukan analisis, ternyata kita diprediksikan gagal SNMPTN. Tetapi, diri kita terus menolak prediksi tersebut dan terlalu yakin tetap akan lolos dan akhirnya memunculkan gejolak di dalam diri. Gejolak ini tentunya akan mengganggu ketenangan kita dan itu pernah terjadi pada saya.

Jadi, dari sini, kita dituntut untuk bersikap legowo dan realistis menghadapi pengumuman. Jika tidak, kekecawaan yang (mungkin) muncul ketika pengumuman nanti akan semakin besar dan memicu stres. Stres ini akan mengganggu pikiran kita yang seharusnya diprioritaskan untuk mempersiapkan UTBK.

Dengan bersikap legowo dan realistis, diri kita akan lebih menerima hasil pengumuman nanti. Dengan demikian, otak kita akan lebih terpogram untuk mempersiapkan UTBK.

Ingat. Being failed in SNMPTN doesn’t mean you die.

3. Berdoa dan Berzikirlah sebelum Membuka Pengumuman

Image result for praying
Berdoa oleh http://www.beliefnet.com

Setelah tiba waktunya pengumuman, hati dna pikiran akan semakin bergejolak. Untuk itu, perlu treatment khusus agar hati menjaid lebih tenang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah berdoa dan berzikir.

Hal ini saya aplikasikan waktu menunggu pengumuman SBMPTN 2014. Meskipun waktu itu, pengumumannya jam 17.00, saya membuka pengumuman tersebut setelah selesai salat maghrib dan buka puasa (waktu itu, pengumuman bertepatan dengan Bulan Ramadan).

4. Matikan Akses Komunikasi jika Tidak Siap

Image result for off social media
Off Media Sosial oleh http://www.happenings.lpu.in

Mendekati jam pengumuman, bisa jadi akan ada banyak orang yang kepo dengan hasil kelulusan kita dan mulai meneror kita di media sosial, SMS, ataupun telepon. Jika hal tersebut dirasa akan mengganggu ketenangan kita, jangan ragu untuk mematikan handphone dan off media sosial sementara. Kita bisa kabarkan pengumuman kita setelah kita membuka pengumuman kita sendiri dan hati sudah tenang.

5. Jika Terlalu Takut, Minta Orang Lain untuk Membuka Pengumuman Kita

Image result for ask for help
Minta Tolong oleh http://www.quickanddirtytips.com

Jika mental kita terlalu lesu untuk membuka pengumuman sendiri, jangan ragu untuk meminta orang lain / orang yang dipercaya untuk membuka pengumuman kita. Di grup-grup SNMPTN, biasanya akan ada orang yang menawarkan jasa untuk membuka pengumuman.


Oke. That’s all for tonight. Semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik dan sesuai. Jangan lupa juga, segeralah move on ke UTBK dan jangan berlarut-larut meratapi SNMPTN jika itu bukan rezeki kita. 

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: