Cara Membuat Tiga (3) Surat Keterangan Sehat untuk Syarat Beasiswa LPDP

Salah satu persyaratan administratif Beasiswa LPDP adalah berbagai jenis surat keterangan sehat yang harus di-upload dalam proses pendaftaranSurat keterangan sehat yang dimaksud adalah:

  • Surat keterangan berbadan sehat;
  • Surat keterangan bebas narkoba;
  • Surat keterangan bebas TBC (khusus pelamar tujuan luar negeri).

Karena tak sedikit yang bingung dan tidak familiar dalam hal mengurus surat-suratan seperti ini, saya ingin sedikit berbagai pengalaman (tentunya ini pengalaman pribadi dan setiap orang bisa berbeda pengalamannya) bagaimana saya bisa mendapatkan ketiga surat ini ketika mendaftar Beasiswa LPDP dulu.

1. Surat Keterangan Berbadan Sehat

Surat Keterangan Sehat
Surat Keterangan Berbadan Sehat

Pengurusan surat keterangan berbadan sehat cukup mudah. Kita tinggal datang ke klinik, puskesmas, atau rumah sakit pemerintah (surat keterangan untuk persyaratan Beasiswa LPDP harus berasal dari klinik, puskesmas, atau rumah sakit milik pemerintah), lalu mengambil antrean untuk membuat surat keterangan sehat.

Setelah sampai pada antrean kita, badan kita akan diperiksa oleh dokter seperti tensi darah, detak jantung, dan suhu badan. Kita juga akan diminta untuk mengukur tinggi dan berat badan untuk keperluan keterangan kondisi badan di dalam surat.

Setelah pemeriksaan selesai, surat akan langsung jadi. Surat ini tinggal diberi cap oleh pihak rumah sakit / klinik / puskesmas sebagai legalisasi serta diisi keterangan mengenai peruntukan surat tersebut (beasiswa, melamar kerja, dll.).

Saat saya membuat surat keterangn ini di Puskesmas Pataruman Banjar, tidak ada sepeserpun biaya yang dikeluarkan (kecuali ongkos 🙂 ).

2. Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat Keterangan Bebas Narkoba
Surat Keterangan Bebas Narkoba

Saya membuat surat ini di RSUD Kota Banjar. Ketika registrasi, arahan yang diberikan adalah sebagai berikut:

  1. Tes urin di laboratorium;
  2. Membuat surat di Poli Pegawai.

Dalam pembuatan surat keterangan ini, memang diperlukan pemeriksaan sampel urin untuk memeriksa kandungan zat narkotika di dalam tubuh kita. Maka dari itu, saya harus membayar biaya pemeriksaan lab (maaf nominalnya lupa 🙂 ).

Setelah mengurus registasi, kita akan diberikan sebundel berkas yang harus diberikan kepada petugas laboratorium dan di laboratorium, kita tinggal menyerahkan berkas tersebut sambil menunggu antrean pemeriksaan. Sampel urin kita juga akan diminta.

Beberapa lama kemudian, hasil lab kita akan keluar. Berkas lab mengenai urin tersebut kita bawa ke Poli Pegawai sebagai bukti bahwa tubuh kita terbebas dari narkoba dan pembuatan surat keterangan bebas narkoba bisa dilaksanakan.

Setelah surat jadi, biasa, deh, dicap dan diberi keterangan.

3. Surat Keterangan Bebas TBC

Surat Keterangan Bebas TBC
Surat Keterangan Bebas TBC

Saya juga membuat surat ini di RSUD Kota Banjar.

Dalam pembuatan surat ini, juga ada biaya yang harus saya keluarkan karena diharuskan untuk tes dahak di laboratorium dan rontgen paru-paru. Kemudian, surat keterangan dikeluarkan oleh dokter di Poli Paru atau Poli Pernapasan (lupa saya namanya 🙂 ).

Setelah registrasi sepeti biasa, kita bisa memilih antara ke laboratorium atau foto rontgen.

Di laboratorium, prosedur pemeriksaan sama seperti saat pembuatan surat keterangan bebas narkoba. Namun, objek yang diminta dalam tes lab tersebut adalah sampel dahak kita. Menurut pengalaman saya waktu itu, saya diharuskan mengambil sampel dahak lagi sehabis bangun tidur dan sampel tersebut akan diperiksa lagi. Kemudian, keluarlah hasil labnya.

Di bagian rontgen, bagian dada kita akan difoto rontgen. Prosesnya cepat dan hasil foto rontgen-nya langsung jadi pada hari itu juga.

Dengan berbekal hasil tes dahak dan foto rontgen tersebut, dokter di Poli Paru akan membuat surat keterangan bebas TBC kita.


Oke. Mungkin segitu saja dulu. Gampang, kan? 🙂 Semoga artikel ini dapat membantu kita dalam meraih mimpi mendapatkan Beasiswa LPDP.

Sumber Gambar

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: