Tips Menghadapi Tes Berbasis Komputer (CBT)

SBMPTN menuju babak baru dengan diberlakukannya sistem Test Center. Banyak perubahan pada sistemnya termasuk bentuk tes yang biasanya mostly tes berbasis kertas (PBT) menjadi fully berbasis komputer (CBT).

Tentunya, ini semua dilakukan untuk mempermudah dan mengefisienkan proses SBMPTN. Namun, mungkin di luar sana, banyak yang belum terbiasa dengan bentuk tes CBT dan akhirnya dapat menjadi hambatan tersendiri nantinya. Hence, let me share some tips to handle the CBT. 🙂


1. Practice Makes Perfect. Biasakan Diri dengan Soal CBT.

Image result for practice makes perfect
Practice Makes Perfect oleh http://www.colourbox.com

Sering mendengar kalimat tersebut? Yup. Kalimat tersebut sangat berlaku di sini. Satu hal yang dapat mengganggumu saat CBT adalah faktor ketidakbiasaanmu dalam mengerjakan tes model demikian. Jadi, solusinya? Biasakan. Biasakan diri dengan mengerjakan soal-soal berupa CBT yang dapat ditemukan dnegan mudha di internet.

Dengan membiasakan diri, kamu akan semakin terbiasa untuk menghadapi CBT tadi tanpa harus struggling karena hal-hal sepel seperti pusing, bingung, dll.

2. Perbanyak Membaca via Komputer / Laptop.

Image result for reading ebook
Membaca secara Elektronik oleh http://www.mashable.com

Salah satu hal yang akan menghambat pada saat CBT adalah soal berupa bacaan yang biasanya ditemukan pada soal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bukan tidak mungkin bahwa membaca bacaan panjang dan “Susah” dalam bentuk layar komputer akan membuatmu pusing dikala mengerjakan soal-soal CBT (misalnya SBMPTN) yang memusingkan walau kamu adalah orang yang suka membaca buku sekalipun. Belum lagi jika bacaannya bukan dalam bahasa ibu kita (misalnya bahasa Inggris). Double-double, deh, mikirnya.

So, how to deal with it? Lagi-lagi, biasakan. Coba mulai biasakan membaca pada layar komputer. Mulai dari bacaan yang ringan-ringan terlebih dahulu. As time goes by, kita akan terbiasa dan dapat meningkatan level bacaan. Jangan lupa juga membiasakan diri mmbaca dalam berbagai bahasa (minimal bahasa Indonesia dan bahasa Inggris).

3. Tanyakan Segala Sesuatu yang Membingungkan kepada Pengawas.

Image result for asking questions
Mengajukan Pertanyaan oleh http://www.blog.utc.edu

Apa lagi hal lain yang mungkin akan menghambatmu di CBT? Teknis. Tata cara pengerjaan CBT dan PBT akan memiliki sistem yang berbeda karena faktor media yang digunakan. Bagi yang tidak terbiasa, mungkin akan kebingungan atau bahkan mengakibatkan hasil tesnya menjadi fatal akibat “Salah klik” (misalnya).

Jadi, untuk menghindari hal-hal seperti itu, jangan ragu dna takut untuk bertanya kepada pengawas jika ada sesuatu yang membuatmu bingung. Jangan lupa untuk sellau memperhatikan penjelasan pengawas beserta panduan teknisnya sebelum menghajar CBT. Komputer bisa jadi sangat sensitif dan bisa jadi akan mengacaukan tesmu hanya karena salah klik (kurang hati-hati).

4. Pakailah Kacamata jika Matamu Mudah Lelah di Depan Layar Komputer.

Image result for eyeglasses for computer use
Mata Lelah oleh http://www.busniessinsider.com

Menatap layar komputer terlalu lama apalagi ditambah dengan memusingkannya soal-soal CBT dapat membuat sebagian mata orang lelah dan akhirnya membuat pusing. Oleh karena itu, jika kamu merupakan tipe orang yang demikian, segeralah siapkan pencegahan dengan misalnya, memakai kacamat atau obat tetes mata sebelum tes. Jangan sampai haisl tesmu tidak maksimal karena hal tersebut.


Nah, itu tadi sedikit tips untuk menghajar CBT yang sudah mulai dipakai di era modern ini oleh berbagai tes termasuk SBMPTN. Jangan sampai karena faktor ketidaktahuan ini, hasil tesmu menjadi kacau balau, ya. Selalu persiapkan yang terbaik sebelum menuju medan perang or you will lose.

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: