Trik Jitu untuk Mengerjakan Soal SBMPTN Tipe C (Tipe Empat Pernyataan)

Jika sudah baca-baca soal SBMPTN, kita pasti tahu bahwa soal SBMPTN itu terdiri dari tiga tipe : Pilihan ganda biasa, sebab-akibat, serta empat pernyataan. Dua tipe terakhir memang seringkali menjebak dan membingungkan karena kita tidak terbiasa mengerjakan soal-soal dengan tipe tersebut di sekolah. Tak heran banyak peserta SBMPTN yang “Salah strategi” dalam mengerjakan soal bertipe tersebut meskipun sudah matang secara materi.

Nah, di post ini, saya akan menge-share langkah jitu untuk menaklukan soal tipe empat pernyataan (Tipe C). Dengan ini, kita akan dapat lebih mengefisenkan waktu pengerjaan soal seperti ini karena waktu pengerjaan SBMPTN itu terbatas coy! Haha.


Bentuk Soal Tipe C

Sebelum berangkat ke triknya, mari kita kenalan dengan soal tipe C terlebih dahulu.

Pada dasarnya, soal SBMPTN tipe ini adalah soal pilihan ganda – kita diminta memilih satu jawaban di antara lima options – dan akan disediakan empat pernyataan. Dalam tipe soal ini, pilihan jawaban pasti selalu sama, yaitu sebagai berikut.

A) Pernyataan (1), (2), dan (3) yang benar.
B) Pernyataan (1) dan (3) yang benar.
C) Pernyataan (2) dan (4) yang benar.
D) Hanya pernyataan (4) yang benar.
E) Semua pernyataan benar.

Kita diminta mengidentifikasi pernyataan mana saja yang benar di dalam soal, lalu menjawab sesuai dengan opsi jawaban.

Image result for soal sbmptn tipe b
Petunjuk Pengerjaan Soal SBMPTN oleh http://www.e-sbmptn.com

Sedikit Catatan dari Pribadi Saya

Opsi A, B, dan C sebenarnya agak menganggu saya karena menurut saya, secara logika, agak aneh.

Begini maksudnya.

Kita ambil contoh opsi B. Pada opsi B, disebutkan bahwa kita harus memilih opsi tersebut jika pernyataan (1) dan (3) yang benar. Di sana, tidak ada kata-kata hanya sebagaimana tercantum pada opsi D. Oleh karena itu, ini bisa juga ditafsirkan bahwa “Yang penting (1) dan (3) benar tidak peduli benar atau tidaknya pernyataan (2) sama (4).”.

Jika demikian, ketika semua pernyataan benar, dengan kalimat demikian, seharunya opsi A, B, dan C juga jawabannya benar, bukan hanya E. Kenapa? Karena pernyataan “(1) dan (3) benar” sudah terpenuhi. Bagaimana dengan pernyataan (2) dan (4) yang ternyata benar? Ya kasarnya sih “Bodo amat” karena tidak disebutkan bahwa hanya (1) dan (3) yang harus benar atau sisanya salah. Tidak ada indikasi bahwa pernyataan (2) dan (4) harus salah.

Tapi, saya mengerti bahwa maksudnya adalah hanya (1) dan (3) yang benar dan sebagian besar peserta pasti akan berpikiran demikian. Hanya saja, karena saya agak greget dengan ini, alangkah lebih baiknya untuk ke depannya, ditambahan kata hanya pada opsi A sampai C agar pernyataannya menjadi jelas.

Trik Menjawab

Coba cek lagi opsi A sampai E. Apa kamu menemukan sesuatu yang “Unik”?

Yup. Dalam opsi tersebut, pernyataan (1) dan (3) selalu berdampingan. Jadi, berangkat dari fakta ini, kita bisa mengurangi pekerjaan kita dengan mem-break down keempat pernyataan tersebut menjadi tiga kelompok: (1) dan (3), (2), dan (4).

Dengan melihat tipe opsi jawaban, kita dapat memutuskan jawaban yang benar dengan memulai memeriksa kebenaran dari salah satu kelompok, lalu berangkat ke kelompok lain sesuai kondisi. Untuk lebih jelasnya, lihat ketiga grafik berikut.

SBMPTN Tipe C (2)
Mengecek dari Pernyataan (2)
SBMPTN Tipe C (3)
Mengecek dari Pernyataan (4)
SBMPTN Tipe C (1)
Mengecek dari Pernyataan (1) atau (3)

Untuk mengecek kebenaran “(1) atau (3)”, tidak perlu diperiksa dua-duanya. Jika salah satunya benar atau salah, pasangannya juga akan mengikuti.

Dengan diagram strategi di atas, kita tidak perlu lagi mengecek kebenaran semua pernyataan satu persatu secara manual. Tinggal ikuti alur grafik di atas, maka pengerjaan soal kita akan menjadi lebih efisien dan menghemat waktu.

Kamu pun sebenarnya dapat menyusun strategi sendiri seperti ini dengan menganalisis pola opsi jawaban. Saya di sini hanya menge-share hasil analisis saya. Setiap ornag tentunya bisa berbeda-beda. 🙂


Oke. Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat (sedikit) membantumu dalam meraih PTN yang diinginkan. Don’t stop learning!

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: