Mengulas Perkembangan E-Sports di Pendidikan Indonesia

Perkembangan dunia game melesat secara pesta di abad digital ini. Game, yang pada awalnya hanya dianggap sebagai sebuah media hiburan belaka, kini berubah menjadi salah satu komoditas yang diperhitungkan di kancah internasional dan bahkan menjadi salah satu cabang olahraga dalam berbagai kompetisi dalam bentuk Electronic Sports (E-Sports).

Di Indonesia, E-Sports juga semakin berkembang. Bahkan, dengan kerja sama IeSPA (Indonesian E-Sports Association) dan sebuah universitas, akhirnya muncul jurusan kuliah E-Sports pertama di Indonesia. Keren juga, ya!

Bagi kalian yang penasaran dengan perkembangan E-Sport di dunia pendidikan Indonesia, wajib hukumnya membaca tulisan ini sampai habis, ya.

Disclaimer : Karena terbatasnya sumber, mungkin tulisan ini akan jauh dari kata sempurna. Saya hanya ingin berbagi sesuai pandangan dan riset saya.


1. Apa itu E-Sports?

1.1 Pengertian E-Sports

Image result for esport
Bermain E-Sports oleh http://www.trustedreviews.com

E-sports merupakan jenis cabang olahraga yang menggunakan video games sebagai medianya. Secara umum, cabang olahraga ini dimainkan dalam bentuk multiplayer dan terus berkembang dari masa ke masa sampai akhirnya berbentuk game online seperti yang umum dikenali di zaman now.

1.2 Perkembangan E-Sports di Indonesia

Di Indonesia sendiri, e-sports sudah sangat dikenal luas terutama oleh kalangan milenial. Hampir setiap milenial mempunyai video games yang ter-install dalam ponsel mereka dan setiap hari, setidaknya wajib main satu babak.

Selain itu, banyak sekali YouTuber gaming yang berjamuran di Indonesia dan untuk sebagian orang, dijadikan sebagai sumber penghasilan. Seorang YouTuber bernama Jess No Limit, misalnya (dilansir dari SocialBlade), dapat meraup keuntungan minimal Rp. 127.336.000,00 dalam sebulan lewat e-sports ini. Fantastis!

Statistik Jess No Limit
Statistik Channel YouTube “Jess No Limit”

Tidak hanya sebagai hobi dan sumber penghasilan, e-sports menjelma menjadi salah satu cabang olahraga yang diperhitungkan di kancah internasional. Pada Asian Games 2018  di Indonesia kemarin misalnya, e-sports didemokan (dipertandingkan tapi medalinya tidak dihitung) sebagai salah satu cabang olahraga dalam ajang olahraga paling bergengsi di Asia tersebut. Akhirnya, e-sports akan resmi dijadikan sebagai salah satu cabang olahraga pada Asian Games selanjutnya yang akan dilaksanakan pada tahun 2022.

Indonesia juga punya komunitas e-sports, lho. Namanya IeSPA (Indonesia e-Sports Association). Kalau mau mampir, silakan kunjungi website-nya di www.iespa.or.idya.

Logo IeSPA oleh http://www.iespa.or.id

2. Sekolah dan Kampus yang Membuka Pembelajaran E-Sport

Rupanya, perkembangan e-sport yang begitu pesan di Indonesia dan dunia ini memancing perhatian pemerintah dan pemerhati dunia pendidikan, termasuk Presiden Joko Widodo dan Kemristekdikti yang “Merestui” adanya program studi e-sports di kampus. Akhirnya, muncullah prodi e-sports pertama di Indonesia yang dibuka oleh Univesitas Dian Nuswantoro (Udinus) pada tahun 2018.

2.1 Prodi E-Sports di Udinus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Udinus merupakan universitas pertama yang membuka program e-sports di Indonesia. Progam ini terlaksana berkat kerja sama antara Udinus dan IeSPA Jawa Tengah.

Ada dua cabang besar game yang ditawarkan di Udinus, yaitu DOTA 2 dan CSIGO. Ada juga empat cabang sekunder yang ditawarkan, yaitu Point Blank, Mobile Legends, Leage of Legends, dan Arena of Valor.

Cabang E-Sports Udinus
Cabang E-sports di Udinus

Dilansir dari website resmi E-Sports Udinus (http://esports.dinus.ac.id/), berikut ada lima keuntungan yang didapatkan oleh mahasiswa di program studi ini:

  1. Mendapatkan pembinaan karakter;
  2. Mendapatkan pembinaan skill permainan;
  3. Mendapat kesempatan bertanding secara rutin dan mendapatkan jersey team;
  4. Berkesempatan untuk mendapatkan uang saku bulanan dan beasiswa;
  5. Mendapat kesempatan utnuk bergabung dengan tim e-sports nasional maupun internasional.

Nah, bagi kalian yang tertarik untuk menjadi “Akademisi” di bidang E-sports, silakan jangan ragu-ragu untuk menelusuri website e-sports Udinus.

2.2 Perkembangan E-Sports Lainnya di Pendidikan Indonesia

Sebuah sekolah di Jakarta Pusat bernama SMA 1 PKSD. sejak tahun ajaran 2016/2017 membuka program edukasi e-sports bagi siswa-siswinya. Pihak sekolah berharap program e-sports ini dapat membantu siswa-siswinya untuk berkontribusi di bidang e-sports setelah lulus nanti.

Image result for sma 1 pskd esport
E-Sports di SMA 1 PKSD www.inovasee.com

Sebuah SMA bernama SMA Bina Bangsa di Malang juga telah menerapkan kurikulum e-sports di sekolahnya dan menilai insutri game secara positif.

Image result for bina bangsa esport
E-Sports di SMA Bina Bangsa

Sekian dulu artikel kali ini. Dengan membaca artikel ini, mudah-mudahan kita bisa semakin aware dengan perkembangan kompetisi global di berbagai sektor. Siapa sangka, game yang selama ini hanya diangga sebagai hobi belaka dan tak ayal dianggap negatif oleh sebagaian masyarakat menjadi komoditas yang dapat menghasilkan, menjadi cabang olahraga bergengsi dan populer, hingga dilirik oleh dunia pendidikan. Di sini lah tantangan bagi generasi muda agar selalu kreatif di setiap saat dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Referensi

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: