Soal SBMPTN Penjebak – Soal Pertidaksamaan SBMPTN 2015

Meskipun sudah tiga tahun berlalu, SBMPTN 2015 (walaupun saya bukan pesertanya) selalu diingat karena ada satu soal penjebak (yang saya ketahui) yang kerap kali menjebak peserta SBMPTN sampai akhirnya menimbulkan debat berkepanjangan. Karena akibat yang dihasilkan dari jebakan ini bersifat prinsipil, saya tertarik untuk mengulas kembali soal ini supaya tidak menimbulkan salah paham seperti ini lagi.


Isi Soal

Berikut adalah soal yang dimaksud.

Soal SBMPTN Jebakan
Soal SBMPTN 2015 yang Menjebak

Saya beri waktu 2 menit untuk menjawab soal di atas. Setelah menjawab, lanjut baca pembahasan di bawah.

Pembahasan

Biasanya orang-orang terjebak dengan memisalkan a = 4 dan b = 5 karena menganggap dua bilangan itu unsur terkecil dari a dan b dan akhirnya diperoleh ab >= 20.

Ini jawaban yang keliru karena unsur terkecil a dan b bukan 4 dan 5. Bisa saja kan a = 3,0001, b=4,00000000001 karena tidak ada keterangan harus bilangan bulat atau asli di sana.

Terus muncul pertanyaan lagi “Kan gak ditentuin itu bilangannya bilangan apa. Jadi gak jelas.”. Logikanya begini saja. Jika a dan b tidak ditentukan bilangannya apa, berarti kita bebas milih berapapun kan asal > 3 dan > 4. Jadi, kurang tepat jika bilang unsur terkecil dari a dan b itu 4 dan 5 (berturut-turut) karena masih buanyaak bilangan lain di antara 3 dan 4.

Jadi, bagaimana jawabnya?

Sekecil-kecilnya a, pasti dia nilainya 3 lebih sedikit. Begitu juga dengan b. Jadi, 3 lebih dikit sama 4 lebih dikit dikalikan akan jadi bagaimana? Ya pastilah 12 lebih sedikit. Jadi, ab > 12.

Tahun 2015, banyak buanget peserta SBMPTN yang terjebak soal ini. So, be carefulll guys. Satu soal sangat berharga untuk nilai kita.

Catatan

  • Secara matematis, sebenarnya soal ini bisa diselesaikan dengan konsep kalkulus. Cuma, saya sengaja tidak menggunakan kalkulus karena itu sudah ranahnya mahasiswa. Akan sulit dipahami jika dijelaskan kepada anak SLTA.
  • Kalaupun disebutkan a sama b bilangan bulat, seharusnya soaln sama option-nya patut dicurigai karena jawaban ab>12 pun benar. Nilai ab >= 20 > 12 kan? Bahkan jawaban ab > 0 pun benar.

Oke. Mungkin segitu saja dulu. Pendek memang tapi semoga membantu. Terus semangat, ya, dalam meraih PTN! 🙂

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: