Hal yang Dapat Menyebabkan Kamu Tidak Lulus Kuliah Tepat Waktu

Berbeda dengan SD-SMA yang masuk bareng keluar bareng, kita belum tentu lulus bersama / bareng dengan teman-teman kita jika di dunia perkuliahan, khususnya kuliah jenjang S-1. Seseorang bisa saja lulus sangat cepat (kurang dari waktu standar 4 tahun misalnya) atau baru lulus setelah tujuh tahun kuliah. Semuanya tergantung masing-masing.

Nah, berikut ini, saya ingin mencoba memaparkan beberapa hal yang meyebabkan kita tidak lulus kuliah tepat waktu. Ya walaupun sebenarnya, lulus tidak tepat waktu tidak selalu negatif.

P. S : Mungkin ada universitas yang sistemnya berbeda. Saya hanya menulis berdasarkan pengalaman saya.


1. Ada Mata Kuliah yang Tidak Lulus

Image result for not pass exam
Tidak Lulus oleh http://www.quickmeme.com

Di (mantan) kampus saya, suatu mata kuliah dikatakan tidak lulus jika nilainya adalah E dan kita akan mendapatkan nilai E jika nilainya akhirnya di bawah 45 dari 100. Jika ada satu saja mata kuliah yang bernilai E, kita tidak akan diizinkan untuk mengikuti sidang skripsi dan otomatis tidak diizinkan juga untuk lulus.

Oleh karena itu, mata kuliah yang bernilai E harus diulang di semester / tahun selanjutnya supaya lulus. Tentunya hal ini dapat menyebabkan bertambah banyaknya semester tambahan yang harus diambil. Apalagi jika jadwal mata kuliahnya selalu tidak sinkron dengan jadwal kita.

Yang lebih horor lagi adalah fakta bahwa tidak ada jamainan bahwa kita akan otomatis lulus jika mengulang seperti salah satu senior saya dulu di kampus yang mengulang mata kuliah sampai tiga kali karena tidak lulus-lulus.

2. Malas Mengerjakan Skripsi / Tugas Akhir

Image result for person lazy
Malas oleh http://www.lifehack.org

It’s obvious, isn’t it? Skripsi atau tugas akhir merupakan gerbang terakhir sekaligus syarat kelulusan seorang calon sarjana. Jadi, malas mengerjakan skirpsi dapat berarti malas lulus juga. Jadi, jika ingin lulus on time atau bahkan in time, kerjakan skripsi dengan baik dan rajin, ya.

3. IPK di Bawah Standar Normal

Image result for bad gpa
IPK Kecil oleh http://www.dentaldat.com

Di kampus saya, banyaknya SKS mata kuliah yang dapat diambil ditentukan berdasarkan IPK mahasiswa. Jika IPK mahasiswa terlalu berada di bawah standar (2.5 misalnya), banyaknya SKS yang dapat diambil juga akan semakin sedikit dan bahkan di bawah standar normal jumlah SKS persemester (rata-rata 20 SKS). Jika untuk lulus dalam waktu normal saja butuh 20 SKS persemester, bagaimana jika kurang? Tentunya kemungkinan waktu lulus ngaret semakin besar.

4. Salah Memilih Pembimbing Skripsi

Image result for thesis supervisor
Bimbingan Skripsi oleh http://www.katdaley.blogspot.com

Terkadang, meskipun kita sudha mengerjakan skripsi setengah mati, kelulusan kita bisa terhambat karena dosen pembimbing kita tidak profesional dalam menjalankan tugasnya. Ada yang suka membatalkan bimbingan, jarang bimbingan, tidak memperhatikan progres mahasiswanya, dll., macam-macam rupanya. Tentunya hal ini mengesalkan karena kelulusan kita terhambat akibat faktor orang lain, bukan diri sendiri.

Jadi, saran saya, coba cari informasi mengenai karakter calon-calon dosen pembimbingmu dari kakak tingkat yang sudah berpengalaman. Dengan itu, kita dapat menentukan pilihan yang tepat.

5. Terlalu Aktif di Kegiatan Lain sehingga Mengabaikan Kuliah

Image result for hyperactive
Hiperaktif oleh http://www.acupuncturecenterofnj.com

Waktu masa-masa Ospek, senior seringkali mengampanyekan “Kuliah itu jangan cuma di kelas. Softskills itu penting.”, ya semacam itu lah. Memang benar softskills itu penting dan sangat penting, tapi seringkali mahasiswa malah terlalu aktif di kegiatan luar kuliah “Untuk mengasah softskills” sampai-sampai kegiatan kuliah / akademiknya sendiri terabaikan.

Remember, guys. Menganggap softskills penting tidak berarti mengabaikan hardskills / akademik. Dua-duanya harus berjalan beriringan. Jangan sampai jadi tidak seimbang sampai-sampai kelulusan kita jadi korban.


Oke. Segitu saja dulu artikel kali ini. Mohon maaf ya kalau artikelnya kurang maknyus. Sedang kekurangan ide. 🙂

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: