Tips Mengasah Bahasa Inggris Lewat Hobi

Kembali lagi di artikel bahasa Inggris. Kali ini, saya akan mengajak kalian untuk meng-improve bahasa Inggris kita bersama-sama secara menyenangkan. Kok menyenangkan? Karena kita akan mempelajari bahasa Inggris menggunakan sesuatu yang kita sukai alias hobi kita.

Memangnya bisa?

Sangat bisa!

Therefore, let’s do it!

P. S. : Dalam tulisan ini, saya akan memaparkan tipsnya berdasarkan salah satu hobi saya, yaitu horor. Tinggal sesuaikan dengan hobimu.

1. Listening

Dengan menggunakan hobi, kita dapat mengasah kemampuan listening bahasa Inggris kita lewat berbagai macam media termasuk film dan video YouTube. Tapi, bagaimana caranya? Let’s follow these methods.

1.1 Praktek Menggunakan Subtitle yang Benar

Apa tuh maksudnya menggunakan subtitle yang benar? Gini. Kemampuan kita saat membaca artikel ini pasti beda-beda antara satu dengan yang lainnya. Ada yang benar-benar blank, ada yang sudah setengah lancar, ada yang sudah sangat lancar, dll. Jadi, kita harus menggunakan jenis subtitle yang sesuai seupaya kemampuan listening kita dapat ter-improve secara benar. Saya akan membaginya ke dalam empat tipe.

Tipe 1 : Susah mengerti bahasa Inggris

Bagi yang masuk tipe ini (sulit mengerti bahasa Inggris, baik secara tulisan maupun verbal), silakan gunakan subtitle bahasa Indonesia terlebih dahulu untuk pembiasaan awal dan pemahaman makna dari sesuatu yang kita tonton. Kemudian, tonton lagi video tersebut dengan subtitle bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan pronunciation dengan mencocokkan dialog dan teks bahasa Inggrisnya.

Tipe 2 : Bisa baca bahasa Inggris, tetapi masih kurang kosakata

Bagi yang masuk tipe ini, silakan gunakan double subtitles (bahasa Indonesia dan Inggris) ketika menonton (banyak player yang mempunyai fitur double subtitles). Fokus ke subtitle bahasa Inggris ketika nonton, lalu baca subtitle bahasa Indonesia ketika tidak paham isi subtitle-nya. Ini lebih efisien daripada mem-pause video dan mengecek kamus setiap kali tidak mengerti.

Tipe 3 : Lancar baca bahasa Inggris, tetapi masih kurang bisa Mendengarkan

Kita yang masuk tipe ini tinggal menonton dengan subtitle bahasa Inggris saja karena masalah kita di sini hanyalah memahami pengucapan bahasa Inggris. Kita tinggal menyesuaikan pengucapan dengan subtitle bahasa Inggris sesering mungkin.

Tipe 4 : (Almost) Lancar Mendengarkan Bahasa Inggris

Jika sudah hampir lancar dalam listening (tidak harus 100%), tidak ada salahnya kalau kita menantang diri kita untuk menonton video / film tanpa subtitle sama sekali. Jika masih ada yang tidak mengerti, ulang bagian yang kita tidak mengerti sampai mengerti. Karena hobi saya adalah sesuatu yang berbau horor, saya akan menonton film-film horor dari Hollywood untuk mengeksekusi praktek ini. Tapi, tidak ada salahnya juga kalau saya menonton film horor dari UK (Negara Inggris) agar saya juga terbiasa dengan British accent. Filmnya? Just google it.

Bahasa Inggris Hobi - Daftar Film Horor British
Film Horor British Terbaik

1.2 Typescript

Bagi yang tidak tau, typescript itu kasarnya adalah menulis skrip / subtitle dari sebuah video atau audio. Tentunya, yang saya maksud adalah penulisan skrip bahasa Inggris. Kita bisa menulisnya di buku, di komputer, atau di mana pun sesuai keinginan. Karena film akan terlalu panjang durasinya jika ingin digunakans ebagai media typescript, coba gunakan video dari YouTube saja. Contoh jenis video yang akan saya pilih adalah review film-film horor oleh seorang YouTubers.

Tulis setiap kata dan kalimat yang terucap pada video yang akan kita typescript. Lalu, cocokkan dengan subtitle aslinya setelah selesai sehingga kita dapat mengevaluasi kesalahan kita.

2. Speaking

Ada beberapa cara untuk mengasah kemampuan speaking-mu lewat hobi selain lewat tips yang ini.

2.1 Meniru

Jika masih benar-benar blank dalam speaking, coba mulai dengan meniru. Tirulah dialog-dialog beserta cara native speakers ngomong di video-video favoritmu. Misalnya, pada kasus saya, saya akan meniru cara ngomong Patrick Wilson di film Insidious atau bahkan me-reka ulang percakapan dalam film Insidious secara keseluruhan.

Dengan sering meniru, lidah kita lama-lama akan terbiasa dengan style bahasa Inggris yang memang pengucapannya beda dengan bahasa Indonesia. Namun, ketika kemampuanmu sudah meningkat (tidak terlalu gagu lagi), mulailah praktek speaking dengan menggunakan kalimat sendiri tanpa meniru.

2.2 Praktek Dialog

Oke. Dalam praktek dialog, akan bagus kalau kita mempunyai partner dalam berbicara. Kemudian, mulailah untuk praktek ngomong bahasa Inggris mengenai hobi kita tersebut. Dalam kasus saya, saya akan membicarakan hal-hal seru mengenai film horor yang telah saya tonton (misalnya).

Bagaimana jika kita tidak punya partner? Tenang. Don’t stop practicing. Kita bisa mempraktekan dialog dengan “Diri sendiri” dengan berbicara di depan cermin dan tanya jawab dengan diri sendiri. Aneh, sih, tapi ini akan membantu speaking kita daripada menunda-nunda praktek dengan alasan menunggu partner.

2.3 Praktek Monolog

This is another way to practice your speaking skills dan cara ini lebih gampang dilakukan daripada dialog karena kita tidka membutuhkan partner.

Silakan praktek monolog dengan berpura-pura menjadi reviewer, pembawa acara, story telling, dll. mengenai hobi kita. Again, dalam kasus saya, saya mungkin akan menjadi reviewer film horor yang baru saya tonton sambil direkam. Setelah direkam, kita bisa tonton kembali speaking kita, lalu mengevaluasi apa saja yang kurang dna perlu diperbaiki.

3. Reading

Kemampuan membaca juga tentunya penting untuk mengasah bahasa Inggris kita, terutama dalam penambahan kosakata dan pemahaman pola kalimat / grammarBy our hobbies, kita juga dapat melatih kemampuan membaca kita.

3.1 Membaca Artikel

Jika kita masih kesulitan dalam membaca, jangan dulu membaca bacaan yang terlalu berat seperti buku. Mulailah dengan membaca artikel-artikel mengenai hobi yang kita suka di internet.

Dalam praktek membaca ini, jangan pernah bosan untuk membuka kamus jika ada kata atau frasa yang tidak kita mengerti karena inilah salah satu jalan untuk memperkaya vocabulary. Jangan lupa juga untuk memahami setiap kalimat yang kita baca sehingga nantinya, pemahaman pola kalimat dan tata bahasa kita akan meningkat. Jangan terlalu buru-buru karena ini bukan membaca dalam soal ujian, tapi praktek membaca normal. Lama-lama, nanti akan terbiasa membaca cepat.

Misalnya, saya membaca artikel bahasa Inggris tentang “Most haunted places in Indonesia“. Kemudian, saya menemukan kata-kata baru yang tidak saya mengerti dan akan dicek di kamus artinya.

Bahasa Inggris Hobi - Artikel Bahasa Inggris
Artikel Bahasa Inggris

Untuk rekomendasi kamus yang bagus untuk digunakan, silakan cek link ini.

3.2 Membaca Buku

Prinsipnya sama dengan membaca artikel. Hanya saja, medianya adalah buku. Tentu saja bahasa di buku akan lebih kompleks dan susah untuk dipahami daripada artikel biasa. Namun, dengan membaca buku, kosakata dna pemahaman bahasa Inggris kita akan melesat tajam.

Bahasa Inggris Hobi - Buku Bahasa Inggris
Buku Horor Berbahasa Inggris

4. Writing

Tentunya, kita juga harus bisa menulis, dong, jika ingin benar-benar lancar bahasa Inggris. Dan lagi-lagi, skills ini juga bisa kita kembangkan lewat hobi kita.

4.1 Paraphrasing

Jika masih kacau dalam menulis, silakan mulai dengan metode ini. Paraphrasing adalah menuliskan kembali sesuatu yang kita baca dengan bahasa kita sendiri tanpa mengubah maknanya. Intinya mirip-mirip lah ya sama meniru. Silakan pilih satu artikel tentang hobi kita lalu tuliskan kembali isi artikel itu dengan gaya bahasa kita sendiri. Dengan begitu, kemampuan menulis bahasa Inggris kita akan semakin terasah.

4.2 Reviewing

Bagian ini mirip dengan praktek monolog pada bagain speaking. Bedanya adalah medianya. Silakan review / ulas berbagai macam sesuatu tentang hobi kita. Misalnya, saya mungkin akan mengulas pemain film horo favorit saya, film horor favorit saya, tempat paling menyeramkan versi saya, dll. Jangan lupa juga untuk meminta feedback dari seseorang yang lebih capable dari kita dalam bahasa Inggris (jika mungkin) atau bahkan di-upload di media sosial.

4.3 Menulis Cerita atau Suatu Tulisan

Kasarnya, seperti mengarang dalam bahasa Indonesia saja. Kita bisa membuat cerita, esai, dll., mengenai sesuatu yang kita suka (lagi-lagi). Saya, misalnya, bisa menulis suatu cerita horor karangan saya sendiri. Jangan lupa selalu sedia kamus agar kata-kata yang kita gunakan tepat serta jangan lupa untuk menggunakan pola kalimat yang betul.


Oke. Segitu saja artikel kali ini. Mudah-mudahan dengan artikel ini, jalan kita menuju go international semakin lebar seiring dengan bertambahnya kemampuan bahasa Inggris kita. Terima kasih. 🙂

Sumber Gambar

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: