Cara Ampuh untuk Berburu Beasiswa Kuliah

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan beasiswa? Entah itu fully-funded atau tidak, keberadaan beasiswa pastinya akan membantu studi kita dari segi finansial dan beberapa beasiswa bahkan menyediakan pelatihan softskills bagi para penerimanya.

Namun, as we know, mendapatkan beasiswa itu tidak semudah pesan ayam geprek ke Mas-mas ojek online. 🙂 Dibutuhkan proses, keringat, serta air mata untuk meraihnya (oke ini agak lebay, sih, haha). Jadi, saya akan memandu kalian agar ditunjukkan jalan yang benar menuju beasiswa yang hakiki. 🙂

P. S. : Saya akan fokus membahas cara berburu beasiswa secara mandiri.


1. Berburu Lewat Internet

Di zaman now, informasi sangat mudah didapatkan lewat seni berselancar (di internet). Beasiswa adalah salah satunya. Jadi, googling is the first thing you have to do.

Selain googling, ini ada beberapa cara lain.

1.1 Grup Beasiswa

Ada banyak grup pembahasan dan info-info beasiswa yang bersebaran di Whatsapp, Facebook, bahkan Telegram. Di sana, akan selalu ada orang nyepam sharing info beasiswa dengan berbagai macam jenisnya.

Image result for grup facebook beasiswa
Grup Beasiswa di Facebook oleh https://emundus.wordpress.com

Ada satu nilai plus jika kita ikut grup-grup seperti ini. Selain mempunyai kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan rekan seperjuangan atau bahkan awardee beasiswa, kita juga akan mendapatkan banyak info seminar beasiswa, baik online maupun langsung, sehingga kesempatan kita untuk di-coach secara langsung sama awardee beasiswa semakin tinggi.

1.2 Website dan Blog Pemuat Info Beasiswa

Ada websites khusus yang membahas berbagai info beasiswa mulai dari daftar beasiswa, tips dan trik, dll. Beasiswanya bisa sangat menyeluruh mulai dari sarjana dalam negeri sampai magister luar negeri. Jadi, websites tersebut bisa menjadi salah satu jembatan penghubung ke banyak info beasiswa yang mungkin tidak akan semudah itu ditemukan dengan cara googling manual.

Selain itu, kita juga dapat memperoleh informasi beasiswa juga dari blog para awardee yang sudah sangat banyak dan berbagai macam jenisnya di Indonesia. Blog ini sangat cocok untuk menambah motivasi karena biasanya berdifat personal selain memperkaya ilmu meraih beasiswa.

Berikut ada beberapa websites dan blog yang highly recommended buat para pemburu beasiswa.

Scholars Official (http://www.scholarsofficial.com/)

Scholars Official merupakan sebuah website yang memuat informasi tentang berbagai beasiswa, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Terdapat juga tips dan trik beasiswa serta bahasa Inggris. This website deserves to get many views.

Beasiswa 1 - Scholars
Scholars Official

BeasiswaIndo (https://beasiswaindo.com/)

Website ini menyediakan berbagai informasi beasiswa bahkan banyak di antaranya adalah beasiswa anti-mainstream dan jarang diketahui orang. Sangat cocok untuk diekslpor.

Beasiswa 2 - Beasiswaindo
BeasiswaIndo

Kiky Edward Blog (http://kikyedward.com/)

Blog ini adalah blog milik seorang awardee beasiswa LPDP dan Swedish Institute dari Indonesia. Blog tersebut mengulas berbagai macam tips beasiswa dan kuliah di luar negeri dnegan sangat lengkap dan jelas. Sejauh ini, ini adalah blog awardee beasiswa berbahasa Indonesia terbaik yang pernah saya temui. Let’s visit the blog.

Beasiswa 3 - Kiky Edward
Blog Kiky Edward

Tentunya, ada banyak sekali blog-blog lain dari berbagai jenis beasiswa dari para awardee di Indonesia. Silakan ekslpor sisanya. 🙂

1.4 Channel YouTube

Anak zaman now tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama YouTuber. Nah, selain YouTubers konten challenge dan prank, banyak juga lho YouTubers yang sharing informasi beasiswa dan student life, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Berikut ada beberapa rekomendasi channel dari saya.

Nihongo Mantappu (日本語マンタップ)

Nihongo Mantappu merupakan channel YouTube milik mahasiswa Indonesia yang mendapatkan beasiswa full S-1 ke Jepang. Pemilik channel juga sering share kehidupan mahasiswanya di Jepang serta beasiswa yang didapatkan.

Vira Cania Arman

Vira Cania Arman ini merupakan awardee Beasiswa Stuned dan LPDP dan sering juga share mengenai tips dan trik kedua beasiswa tersebut serta kehidupannya sebagai mahasiswa Belanda.

Tasya Kamila

Wah, kalau yang ini, pasti banyak orang yang sudah tahu. Selain seorang public figure, Tasya Kamila merupakan seorang awardee beasiswa LPDP ke Columbia University, Amerika Serikat. Meskipun sudah jarang upload video, channel ini tetap menyimpan berbagai vidoe informatif mengenai beasiswa LPDP dan student life di Amerika.

Ada banyak sekali channel YouTube tentang beasiswa milik awardee dari Indonesia sebenarnya dari mulai beasiswa di Amerika sampai beasiswa di Korea. Namun, sejauh ini saya belum menelusuri lebih jauh channels tersebut. Jika masih kepo, silakan ketik “Tips beasiswa X” di YouTube. Pasti banyak yang muncul.

2. Informasi dari Kampus

Suka atau tidak suka, kampus juga sebenarnya sering menyajikan berbagai informasi beasiswa. Tapi ya tidak semua orang rajin untuk mencari tau informasinya. So, let’s follow these tips!

2.1 Pihak Akademik

Setiap fakultas dan universitas biasanya mempunyai bagian akademik yang selalu menyediakan berbagai informasi beasiswa, konferensi, dll. Namun, biasanya mereka jarang secara masif menginfokan tersebut kepada mahasiswa secara langsung. Jadi, coba rajin-rajinlah ke bagaian akademik atau mampir di mading fakultas.

Selain itu, biasanya suka ada informasi beasiswa di web resmi universitas ataupun di laman siakad kita.

Beasiswa 4 - Siakad
Tawaran Beasiswa di Siakad / PAuS Unpad (Abaikan Fotonya)

2.2 Organisasi Kampus / BEM

Organisasi kampus semacam BEM atau Hima biasanya mempunyai bagian / divisi yang bertugas memberikan informasi atau seminar beasiswa kepada para anggotanya. Silakan kepoin media sosial dan web mereka.

3. Tips Tambahan

Sebelum menutup tulisan ini, let me give you some more tips how to get scholarships

3.1 Buat Timeline Beasiswa

Setiap beasiswa pasti mempunyai deadline. Jadi, buatlah timeline dari setiap beasiswa yang ingin di-apply agar kita tidak telat dalam mempersiapkan persyaratan. Usahakan jangan jadi deadliners supaya berkas kita tersiapkan dengan maksimal. Ingat coy, yang minat beasiswa bukan cuma kamu.

3.2 Jangan Malas Mengumpulkan Persyaratan

Beasiswa biasanya mempunyai persyaratan yang cukup (sangat) ribet, mulai dari fotokopi A B C D, surat rekomendasi, sampai esai. Jangan sampai kita bermalas-malasan dalam menghadapi persyaratan tersebut. Mendapatkan beasiswa itu susah, bro.

3.3 Jangan Menanyakan Pertanyaan “Haram” ke Penerima Beasiswa

Pada dasarnya para penerima beasiswa akan menjawab pertanyaan kita dengan sennag hati. Namun, tak sedikit pula pertanyaan yang annoying sehingga membuat para awardee bad mood dan malas menjawab. Contoh pertanyaannya adalah “Ka, syarat beasiswanya apa saja ya?”. Oh please. Itu bisa dibaca dengan mudah di website masing-masing beasiswa. Jangan menunjukkan seolah-olah kita malas mencari informasi atau menganggap awardee beasiswa adalah konsultas pendidikan yang memang tugasnya menjawab semua pertanyaan.

Intinya, bertanyalah pertanyaan yang bagus. Jangan menanyakan sesuatu yang menunjukkan seolah-olah kita hanya ingin disuapi tanpa inisiatif.


Oke. Semoga bermanfaat. Mohon maaf jika tulisannya kurang mantap. 🙂

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: