Bentuk Tes IELTS Terbaru : IELTS Berbasis Komputer

Beberapa waktu yang lalu, saya tiba-tiba mendapatkan email dari British Council setelah lima bulan berlalu dari tes IELTS saya. Saya kira isinya hanya promosi-promosi biasa ala operator seluler, tapi ternyata ada informasi yang lumayan mind-blowing, yaitu di-launch-nya IELTS berbasis komputer. Saya akhirnya tertarik untuk mengulas Computer Based IELTS tes ini.

P. S : Untuk tips lengkap belajar IELTS, klik di sini.

Seperti yang mungkin telah kita tahu, IELTS selama ini bertipe paper-based test alias tes berbasis kertas, berbeda dengan TOEFL IBT. Namun, IELTS telah memberikan inovasi baru dalam pelaksanaan tes ini dengan menambahkan bentuk tes baru alias tes berbasis komputer.

Informasi yang ditampilkan sebagian besar dilansir dari website British Council, salah satu penyelenggara tes IELTS resmi.


1. Apa yang Baru dari IELTS Berbasis Komputer?

Image result for computer based ielts
CBT IELTS oleh www,ieltsonlinetests.com

Tentunya, CBT IELTS menyuguhkan kelebihan-kelebihan dibandingkan dengan PBT (Paper Based Test) IELTS. Berikut adalah inovasi baru dalam tes IELTS yang ditawarkan di CBT IELTS.

1.1 Tempat Tes

Jika PBT IELTS biasanya diadakan di ruangan tes biasa, CBT IELTS akan diadakan di lab komputer yang tenang dan nyaman karena menggunakan komputer sebagai media tes. Selain itu, test centers-nya juga lebih banyak tersedia.

1.2 Waktu Tes

CBT IELTS dapat dilaksanakan sepanjang minggu, sedangkan PBT IELTS hanya tersedia pada saat weekends. Selain itu, tes speaking dapat dilaksankan pada hari yang sama dengan tes lain. Dalam PBT IELTS, tes speaking biasanya bisa dilaksankan pada hari yang berbeda dengan tes yang lain (listening, reading, dan writing).

1.3 Faster Results

Hasil CBT IELTS akan keluar dua kali lipat lebih cepat dari PBT IELTS. Jika hasil PBT IELTS baru keluar setelah dua minggu, hasil CBT IELTS dapat diperoleh hanya dalam waktu 5 – 7 hari.

1.4 Proses Booking

Registrasi CBT IELTS dapat dibuka sampai H-4 pelaksanaan tes.

1.5 Proses Tes

Karena media yang digunakan adalah komputer, soal dan jawaban reading, listening, dan writing yang selama ini ditulis di kerta spun akan berubah menjadi diketik dengan komputer. Oleh karena itu, jawaban reading dan listening akan dikoreksi otomatis menggunakan komputer. Selain itu, headphones akan disediakan dalam tes listening.

2. Apa yang Masih Sama?

Image result for ielts test
Format Tes IELTS oleh http://www.ieltsonlinetests.com

Ada beberapa hal yang tidak memiliki perubahan dalam CBT IELTS.

2.1 Harga Tes

Harga tesnya tetap sama, yaitu sekitar Rp 2.900.000 (tergantung kurs mata uangnya). Jika tes di British Council, harga tes sudah ditetapkan dalam rupiah dan tidak bergantung kurs mata uang asing lagi.

2.2 Format Tes

Format, tingkat kesulitan, dan tipe soalnya akan sama dengan PBT IELTS.

2.3 Metode Tes Speaking

Jika dalam TOEFL IBT, tes speaking dilaksanakan dengan menggunakan media komputer, tes speaking di CBT IELTS tetap sama dengan PBT IELTS, yaitu interview secara langsung dengan examiner.

2.4 Hasil Tes

Forma hasil tes CBT IELTS akan sama dengan PBT IELTS dan tetap dapat diakui secara internasional.


Mungkin segitu saja informasinya. Dengan adanya CBT IELTS ini, kita akan semakin diberi pilihan untuk memilih tipe tes yang paling sesuai dan nyaman dengan kita. Bravo!

Silakan telusuri CBT IELTS ini lebih lengkap di sini.

Sumber Gambar :

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: