Jenis-Jenis Pemasukan Dana yang Bisa Dilakukan Mahasiswa

Selamat pagi-siang-sore-malam, semuanya! Akhirnya bisa nge-post setelah pusing mengurus ini dan itu, hehe.

Di zaman now ini, sepertinya segalanya selalu butuh uang, termasuk untuk survive di dunia perkuliahan. Pengeluaran seorang mahasiswa tentunya tidak akan melulu soal makan dan kos. Selalu ada saja kebutuhan-kebutuhan yang menguras kantong entah itu fotokopi, buku, atau sekadar refreshment sejenak dengan jalan-jalan.

Dengan semakin matang dan dewasanya sikap mahasiswa, banyak yang merasa malu jika terus-terusan meminta uang kepada orang tua dan memutar otak supaya mendapatkan pemasukan lebih. Nah, berikut akan saya bagikan (berdasarkan pengalaman saya) sedikit jalan untuk mendapatkan pemasukan dana walaupun masih berstatus sebagai mahasiswa.


1. Beasiswa

Oke ini sangat jelas, ya, dan semua orang pasti tahu kalau beasiswa adalah salah satu cara untuk menambah pemasukan bagi mahasiswa. Namun, tidak semua mahasiswa ngeh bagaimana bisa mendapatkan beaiswa ini. You may be able to get a scholarship by following these tips:

1.1 Browsing Sendiri

Image result for bidikmisi
Beasiswa Bidikmisi oleh http://www.aceh.tribunnews.com

Yang paling obvious adalah rajin mencari tahu sendiri. Di zaman sekarang ini, tentunya tidak susah untuk mengakses informasi lewat internet dan smartphone. Kalau rajin, pasti akan menemukan informasi beasiswa yang useful buat kita.

Berikut ada beberapa websites yang direkomendasikan untuk para pemburu beasiswa:

1.2 Ikuti Media Sosial Organisasi Kampus

Organisasi kampus seperti BEM atau Hima biasanya mempunyai bagian yang bertugas untuk memberi informasi beasiswa kepada mahasiswa. Jadi, follow-lah akun-akun tersebut agar selalu up-to-date dengan beasiswa-beasiswa terbaru.

1.3 Bertanya kepada Bagian Akademik Kampus

Bagian akademik kampus juga biasanya suka memberikan informasi beasiswa. Bedanya, pihak kampus jarang memberitahukan secara langsung kepada mahasiswa lewat media sosial ala zaman now. Biasanya, informasi beasiswa akan disampaikan di papan pengumuman atau di portal / akun kampus kita.

1.4 Beberapa Daftar Beasiswa S-1

Beasiswa ada yang bersifat on going (dapat didaftari setelah menjadi mahasiswa) dan tidak, juga besarannya beda-beda (tidak semuanya meng-cover biaya 100%). Jadi, pastikan untuk membaca syarat-syaratnya dengan seksama sebelum apply. Berikut ada beberapa daftar beasiswa yang saya ketahui sejauh ini:

2. Kerja Part Time

Image result for part time jobs student
Kerja Part Time oleh http://sdpvtjob.blogspot.com

P. S. : Saya asumsikan bagian 2 ini untuk mahaiswa nonkelas karyawan.

Bagi mahasiswa kelas reguler, misalnya, kerja full time mungkin akan sangat sulit dilakukan mengingat waktunya yang akan sellau bentrok dengan jadwal kuliah. Oleh karena itu, saya hanya akan membahas kerja part time di sini.

Berikut ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah pemasukan:

2.1 Mengajar

Mengajar mungkin alternatif pemasukan dana yang paling sering diikuti mahasiswa.

Mahasiswa seringkali menjadi pilihan alternatif bagi para orang tua untuk memrivatkan anaknya karena selain terpercaya andal dalam materi sekolah (terutama mahasiswa PTN), mahasiswa relatif lebih mudah dinegosiasi dalam hal tarif.

Namun, mengajar tidak melulu harus privat. Kita bisa ikut program freelance di lembaga-lembaga bimbel atau bahkan mengajar online seperti di Ruangguru (https://ruangguru.com/les-online).

2.2 Menawarkan Berbagai Jasa

Selain mengajar, ada banyak jasa yang bisa ditawarkan mahasiswa untuk menambah penghasilan:

  • Ojek / Ojek Online
  • Penerjemah
  • Pengetikan
  • Fotokopi
  • Pengajar bahasa
  • Jasa desain
  • Jasa video shooting
  • Jasa foto wisuda
  • Dll.

2.3 Kerja Lainnya

Banyak sekali pekerjaan alternatif yang bisa diikuti asalkan kita tidak pilih-pilih dan gengsi. Bahkan, pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa dilakukan di dekat kampus:

  • Kasir
  • Pelayan
  • Penjaga toko
  • Cleaning Service
  • Dll.

3. Ikut Lomba

Lomba Matematika oleh http://www.connectionnewspapers.com

Selain mendapatkan pengalaman, mengikuti lomba juga dapat menambah pemasukan kita karena biasanya, juara lomba akan dihadiahi uang tunai juga. Meskipun tidak menang, setidaknya juga kita akan mendapatkan pengalaman lebih, sertifikat, serta “Biasanya”, ada insentif dari kampus untuk bekal mengikuti lomba. ^_^

Lomba ini bentuknya ada macam-macam mulai dari olimpiade sains, menulis, business plan, futsal, sampai desain. Penyelenggaranya juga macam-macam mulai dari pemerintah, kampus lain, hingga perusahaan. Jangan lupa juga sisihkan sedikit kocek untuk membayar biaya pendaftaran (meskipun tidak semua lomba berbayar).

Berikut ada dua situs yang cocok untuk berburu lomba:

Oh iya, pihak kampus, jurusan, dan organisasi kampus biasanya juga suka memberikan informasi-informasi lomba. Just stay up-to-date.

4. Bisnis / Wirausaha

Image result for student business
Mahasiswa Berbisnis? oleh http://www.blogs.qut.edu.au

Bisnis yang dapat dirintis mahasiswa sebenarnya sanget beragam. Tapi, untuk menghindari artikel yang panjang, saya hanya akan membahas bisnis yang konsumennya mayoritas mahasiswa.

4.1 Makanan / Kuliner

Bisnis makanan terkesan mainstream tapi memang tidak akan mati ditelan zaman. Namun, berbisnis atau berjualan makanan di kampus tidak selamanya akan mudah karena saingannya tentu banyak mulai dari penjual di kantin sampai danusan acara kampus.

Saran saya, coba jual kuliner atau makanan khas daerah masing-masing (jika kamu mahasiswa perantauan). Selain mungkin akan jarang ditemukan di daerah sekitar kampus, cita rasa dan ketertarikannya tentu akan beda di mata mahasiswa / teman-temanmu.

Jangan lupa juga untuk mempromosikan makananmu ke teman-temanmu.

Image result for sale pisang
Sale Pisang oleh https://nusantaraoleholeh.blogspot.com

4.2 Online Shop

Di zaman serba teknologi ini, membuat / menjual barang / jasa secara online tidak perlu sesusah-susah zaman dahulu kala. Ada banyak media yang bisa kita pakai mulai dari situs toko online, blog, sampai instagram, tinggal bagaimana perencanaan dan eksekusi kita.

Mungkin kita bisa berbisnis barang dan jasa berikut:

  • Party stuff
  • Pembuatan dan desain CV
  • Baju
  • Kerudung
  • Buket bunga
  • Buku pelajaran
  • Dll.

5. Asistensi

Image result for laboratory assistant
Asistensi Lab oleh www.apprenticeshipguide.co.uk

Ada beberapa jenis asistensi yang bisa diikuti. Tapi, umumnya, ada dua jenis asistensi, yaitu asitensi dosen / tutorial dan asistensi laboratorium / praktikum. Tugasnya relatif sama, yaitu mengajar dan membantu pekerjaan dosen atau laboratirum seperti penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

P. S. : Jangan bertanya cara mendaftar menjadi asisten dosen atau laboratorium di sini, ya, karena setiap jurusan dan universitas mempunyai prosedur dan kebijakan yang berbeda-beda.

Namun, sejauh yang saya tahu, honor asistensi biasanya tidak terlalu besar jika ingin dijadikan pemasukan utama. Jadi, jangan diniatkan 100% untuk mendulang penghasilan, ya.


Oke. Sepertinya cukup untuk hari ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat. Silakan share alternatif-alternatif yang lain atau jenis-jenis pekerjaan dna bisnis yang lain di kolom komentar, ya. Bye bye!

Warning : Do not copy!

Sumber Gambar

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: