Apa Itu Test Center, Calon Pengganti SBMPTN?

Halo semua! What’s up?

Akhir-akhir ini, publik pemerhati dan pejuang PTN dibingungkan dan dihebohkan dengan informasi tentang Test Center yang digadang-gadang akan menggantikan SBMPTN pada tahun 2019. Karena masih kurang jelasnya informasi ini, banyak yang kebingungan dan khawatir, terutama para pejuang gap year tahun 2018-2019.

Oleh karena itu, saya tertarik untuk mengulas topik ini di post kali ini. Tentunya, pos ini tidak akan mengulas dengan sempurna karena keterbatasan informasi dan mood saya dalam membuat tulisan ini. Namun, mudah-mudahan pos ini dapat memberikan gambaran mengenai Test Center ini.

1. Apa itu Test Center?

Image result for university exam
Tes oleh http://www.telegraph.co.uk

Singkatnya, Test Center ini merupakan bentuk baru tes masuk PTN yang akan menggantikan SBMPTN. Bentuk tesnya berbeda dengan tes SBMPTN atau sejenis (nanti akan dijelaskan di bawah). Pemerintah ingin melakukan terobosan mengenai tes masuk PTN ini karena seleksi sejensi SBMPTN relatif tidak ada perubahan sejak puluhan tahun yang lalu (sempat berganti sistem nilai dari mulai sistem persentil, nilai nasional, sampai sistem penilaian terbaru).

Ada dua hal yang perlu diperhatikan mengenai Test Center ini agar kita tak merasa terlalu was-was:

  • Sampai saat ini (19 September 2018), belum ada keputusan resmi mengenai Test Center yang akan menggantikan SBMPTN ini;
  • Tidak (belum) ada informasi yang menyebutkan bahwa lulusan tahun sebelumnya tidak diperbolehkan ikut Test Center ini.

2. Alasan Diadakannya Test Center

Image result for test center
Tes PTE oleh http://www.studyabroad.careers360.com

Test Center ini dicanangkan bukan tanpa alasan. Berikut adalah alasan-alasan yang sempat saya notice:

2.1 Fleksibel dan Merata

Test Center dapat dilaksanakan sepanjang tahun dan lebih dari satu kali. Bahkan, jika sudah siap, siswa bisa mengambil tes ini pada semester 5.

Selain itu, Test Center akan dicanangkan berupa tes berbasis komputer atau bahkan bisa dilakukan lewat smartphone. Jadi, tes ini akan menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia, terutama di daerah 3T yang memiliki akses yang lebih sulit ke kota besar.

Yang membuat Test Center lebih fleksibel lagi adalah Test Center juga akan memiliki titik / tempat tes yang tersebar, tidak hanya di kota-kota besar seperti SBMPTN.

2.2 Lebih Menggali Potensi Akademik

Belum terlalu jelas bentuknya akan seperti apa, tapi intinya, Test Center ini akan bisa menggali potensi akademik siswa yang mungkin terlihat tidak rajin karena faktor fasilitas di sekolahnya.

2.3 Menghindari Kebocoran Soal

Tes SBMPTN selama ini berupa tes tulis konvensional (mostly). Jadi, sangat rawan terjadi kebcooran soal. Test Center ini diharapkan dapat meminimalisasi atau bahkan mencegah kebocoran soal.

3. Mekanisme Tes

Image result for computer based test
CBT oleh http://www.sunnewsonline.com

Test Center mungkin sedikit banyak mirip dengan tes SAT yang biasa digunakan untuk penerimaan mahasiswa di Amerika Serikat. Sebagai gambaran, tes SAT dilaksanakan sebanyak 7 kali dalam setahun (4 kali untuk internasional) dan bentuk tesnya lebih menekankan kepada pengujian problem-solving skills yang dibagi ke dalam tiga subtes : Matematika, Menulis dan Bahasa, serta Membaca.

Untuk ke depannya, panitia pusat SBMPTN akan diubah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) yang bertugas melaksanakan Test Center di berbagai wilayah di Indonesia. Ini mirip dengan tes SAT yang juga dilaksanakan oleh lembaga pendidikan nonprofit bernama College Board.

3.1 Waktu dan Tempat Tes

Test Center ini ibarat tes TOEFL. Tes dibuka sepanjang tahun di lokasi-lokasi Test Center yang ditentukan. Lalu, hasil tes tersebut dibawa ke universitas untuk selanjutnya ditentukan apakah peserta dapat masuk PTN dengan hasil tes tersebut. Ya seperti sertifikat TOEFL, lah, ibaratnya.

3.2 Bentuk Tes

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bentuk Test Center kemungkinan akan berupa tes berbasis komputer untuk mempermudah efisiensi dan menghindari kebocoran soal.

4. Tips Menghadapi Test Center

Image result for computer based test
Tes oleh http://www.awo.aws.org

Oke, Test Center ini merupakan sesuatu yang baru dan cukup mengagetkan. Jadi, saya akan memberikan tips kecil supaya kita lebih prepared.

4.1 Jangan Panik

Keberadaan Test Center ini jangan membuat kita malah panik dan malah tidak mempersiapkan seleksi masuk PTN dengan baik. Selain belum ada keputusan resmi mengenai tes ini (kebijakan bisa berubah), jika dilihat sekilas, Test Center ini memberi banyak keuntungan lebih. So, stay positive!

4.2 Selalu Up-To-Date

Tidak panik / tenang bukan berarti berleha-leha. Selalu up-to-date tentang informasi Test Center ini supaya kita bisa mempersiapkannya dengan baik. Seharusnya, di zaman serba digital ini, up-to-date dnegan informais bukanlah sesuatu yang sulit.

4.3 Tetap Belajar SBMPTN Seperti Biasa

Daripada menghabiskan waktu dengan memikirkan bagaiman isi Test Center ini di saat informasinya memang belum secara resmi dan detail dirilis, akan lebih baik jika kita tetap belajar SBMPTN seperti biasa. Tentunya, bentuk tes masuk PTN tidak akan jauh-jauh (in my opinion) dan belajar SBMPTN juga akan menambah ilmu, wawasan, serta skills kita.


Oke. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran kecil mengenai Test Center ini. Semoga kita dapat memperjuangkannya dengan baik dan semoga pendidikan Indonesia semakin maju.

Referensi

Sumber Gambar

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: