Lima (5) Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris yang Membuatmu Susah Menjadi Lancar

Hi, everybody! What’s up? Kembali lagi ke artikel tips bahasa Inggris lainnya. 🙂

Sesuai dengan judulnya, saya akan share opini saya mengenai lima kesalahan dalam belajar bahasa Inggris yang membuatmu susah menjadi fluent.

Pernah berpikir mengapa kita masih saja susah berbahasa Inggris walaupun sudah belajar bahasa Inggris sedari SD? Kok bisa, ya, belajar selama itu seolah-olah tidka menghasilkan efek yang berarti? Apakah ada yang salah dengan cara belajar kita selama ini?

Oke, mari kita bongkar, ya.

1. Tidak Konsisten

Image result for inconsistent
Inkonsiten by http://www.blog.vernalmgmt.com

Oke. Ini mungkin salah satu faktor signifikan yang membuat kita susah lancar dalam berbahasa Inggris (atau bahasa apapun).

Belajar bahasa itu tidak bisa instan dan pasti butuh kesabaran. Namun, banyak dari kita yang hanya semangat di awal-awal, tetapi melempem seiring berjalannya waktu. Pada akhirnya, materi yang telah banyak dipelajari di awal-awal semakin meluntur dan hilang dari otak.

Jadi, jika sungguh-sungguh ingin lancar dalam berbahasa Inggris, konsistenlah. Buat jadwal belajar yang rutin setiap harinya dengan jelas dan terukur (misalnya belajar sepuluh vocab baru setiap hari). Tidak perlu terlalu ambisisius dengan memasang target tinggi. Lakukan sedikit demi sedikit asal rutin. Jangan belajar enam jam di hari pertama, tapi baru mulai belajar lagi tiga minggu kemudian.

Setelah mulai lancar pun konsistensi ini tetap perlu dijaga. Terus biasakan dan praktekan bahasa Inggris kita. Jika tidak, lama-lama akan luntur dan kembali tidak fluent. Ingat, kita bukan native speakers yang sehari-harinya berbahasa Inggris. Jadi, praktek itu sangat penting.

2. Hanya Listening Tanpa Praktek Speaking

Image result for speaking in english
Speaking by http://www.123rf.com

Ada yang bisa mengerti percakapan bahasa Inggris tetapi susah untuk berbicara? Nah ini mungkin problem banyak orang dalam berbahasa Inggris.

Jika ingin lancar bericara bahasa Inggris, kita tidak bisa cukup dengan praktek listening. Kita juga harus banyak praktek speaking. Ya walaupun listening itu akan memperkaya speaking kita, tetapi tetap saja jika ingin lancar speakingspeaking-nya sendiri juga harus dipraktekan.

Analoginya seperti ini.

Apakah kita bisa tiba-tiba jago sepak bola dengan sering menonton sepak bola? Jawabannya tentu tidak. Kita harus berlatih sepak bola, bukan hanya menonton pertandingan sepak bola.

Got it?

Jadi, jika ingin lancar speaking bahasa Inggris, mulailah praktek berbicara dalam bahasa Inggris. It’s okay if you make a mistake. It’s a part of learning. Don’t be afraid.

Silakan cek link ini untuk tips speaking bahasa Inggris yang lebih lengkap. 🙂

3. Hanya Mengandalkan Materi Tanpa Praktek

Image result for english course
English Course by http://www.shutterstock.com

Pernah ada yang merasa sudah les bahasa Inggris lama tapi tetap tidak lancar berbahasa Inggris? Mungkin kamu masuk kategori ini.

Saya tidak bilang les bahasa Inggris itu useless, tapi yang namanya belajar bahasa itu butuh praktek dan pembiasaan. Jika kita hanya les seminggu sekali, belajar grammar, tapi tidak membiasakan diri dengan bahasa Inggris dengan praktek speakinglistening, baca artikel berbahasa Inggris, dll., trust me it’s not gonna work at all.

Jadi, jangan hanya mengandalkan materi di buku atau pelajaran di sekolah atau tempat les jika ingin lancar berbahasa Inggris. Praktekkan semua materi tersebut di kehidupan sehari-hari. Biasakan diri dengan bahasa Inggris. Caranya bisa lewat hobi dengan nonton film berbahasa Inggris, baca artikel berbahasa Inggris, pura-pura jadi host acara berbahasa Inggris, dll. Praktekkan semuanya dengan konsisten dan aplikasikan materi yang didapatkan di kelas dan tempat les.

Klise ya tipsnya (nonton film, dll.)? Tapi begitulah cara bekerja bahasa – Pembiasaan -.

4. Menunda-nunda

Image result for menunda nunda
Jangan Menunda-nunda! by http://www.dedeyahya.web.id

Maksud hati ingin mulai belajar bahasa Inggris, tapi apa daya hati selalu berkata “Ah nanti aja!”, “Ah sibuk!”, “Ah males!”.

Sering ada yang seperti itu? Sering.

Guys, dalam memulai belajar bahasa, pasti akan ada banyak godaan entah itu capek, malas, pusing, tidak mengerti, ditertawai teman, dll. Yang harus dilakukan itu terus bersabar dna tetap konsisten karena yang akan merasakan dampak baik dari lancar berbahasa Inggris itu kita sendiri dan yang akan merasakan dampak buruk karena tidak bisa berbahasa Inggris itu kita sendiri juga. Jadi, stop cari-cari alasan, dan mulai action.

Ini juga, biasanya, sering terjadi sama pemburu tips. Memang mencari tips berbahasa Inggris itu baik. Tapi, semua tips itu tidak akan ada gunanya jika tidak dieksekusi. Luangkan waktu untuk taking action.

5. Malas Memperkaya Vocabulary

Image result for english vocabulary
Kosakata bahasa Inggris by http://www.woodwardenglish.com

Salah satu hambatan dalam kelancaran bahasa Inggris, baik speaking, writing, listening, atau reading, adalah kurangnya kosakata yang diketahui. Bagaimana bisa kita mengerti bahasa Inggris jika arti katanya saja tidak tau? Betul, kan? Tapi yang terjadi, biasanya, kita malas untuk memperkaya kosakata karena berpikir bahwa itu melelahkan – harus menghafal banyak, membosankan, dll. -.

Jadi, mulai sekarang, hilangkan mindset seperti itu, ya. Mulailah memperkaya vocabulary kita. Caranya tidak harus membosankan dengan menghafal mati kamus. Kita bisa mendapatkan banyak kosakata dengan sering-sering membaca dan menonton dalam bahasa Inggris.

Ingat, ketika menemui kata baru, jangan dilewat. Cari arti, cara pengucapan, dan penggunaannya dengan kamus, google translate, dll. Jangan lupa untuk menggunakan kosakata yang kita peroleh secara kontinu. Bisa dengan menulis berbagai contoh kalimat, speaking dengan menggunakan vocab tersebut, dll., agar kosakata yang kita peroleh tidka menguap begitu saja setelah dihafalkan.

Oke sekian saja tips bahasa Inggris untuk hari ini. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk mengecek tips-tips bahasa Inggris lain di blog ini, ya.

Warning : Please share it by do not copy it!

Sumber Gambar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: