Keuntungan dan Manfaat yang Didapatkan Mahasiswa Bidikmisi

Halo! 🙂

Di malam yang dingin ini, saya akan sedikit sharing mengenai keuntungan menjadi mahasiswa Bidik Misi (BM) setidaknya berdasarkan yang saya rasakan setelah menjalani studi sebagai mahasiswa BM.

For your information, Bidikmisi ini merupakan program bantuan biaya pendidikan dari pemerintah untuk calon mahasiswa yang berprestasi tetapi tidak mampu secara ekonomi. Silakan cek secara lengkap di sini.

Here we go!

Eits. Sebelum mulai, coba tonton dulu video berikut yang merupakan video saat pelatihan mahasiswa baru Bidikmisi Unpad. Para mahasiswa menyanyikan lagu “Simfoni Bidikmisi Unpad” yang lumayan bikin “Merinding”.

1. Kuliah Gratis

Image result for mahasiswa
Mahasiswa by http://www.brilio.net

Wah seriusan kuliah gratis? Iya seriusan, haha. Tapi maksud kuliah gratis di sini, tuh, kita tidak usah bayar UKT atau SPP buat kuliah. Bayangin berapa juta rupiah yang bisa dihemat persemesternya. Kita tidak usah ribet-ribet ke bank pas liburan buat transfer UKT ke universitas kita. Uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Uang UKT kita akan otomatis dibayarkan oleh Dikti setiap semetsernya langsung kepada pihak universitas.

2. Kuliah Digaji

Image result for mahasiswa
Mahasiswa by http://www.kampusundip.com

Anjir seriusan udah gratis digaji pula? Iya bisa dibilang, sih. Kita diberi dana dari Dikti setiap semesternya guna memenuhi kebutuhan / biaya hidup kita. Besarannya setidaknya di atas 3,9 juta rupiah persemester atau 650 ribu rupiah perbulan. Kece banget kan ya? Udah gratis, dapet ilmu, dibayar pula. Selain itu, kalau tidak salah, ada beberapa universitas yang nominal uang bulanannya melebihi 3,9 juta rupiah persemester.

Untuk kampus saya sendiri (Unpad), selain uang 3,9 juta rupiah tersebut, ada juga uang buku yang besarnya 400 ribu rupiah persemester. Jadi, totalnya 4,3 juta rupiah.

3. Dapat Tambahan Income

Image result for student money
Income Mahasiswa by http://www.lepfitness.co.uk

Percaya atau tidak, kadang ada beberapa perintilan dana yang bisa kita dapatkan selama atau bahkan sebelum resmi jadi mahasiwa BM. Contohnya, tidak usah bayar tes SBMPTN. Terus, waktu habis registrasi di kampus, dikasih uang transport sekian rupiah, dll. Wah banyak, deh.

4. Dapet Tambahan Fasilitas

Image result for asrama bidikmisi unpad
Asrama Unpad untuk Bidikmisi by http://www.unpad.ac.id

Ada beberapa kampus yang menyediakan asrama khusus mahasiswa BM, contohnya kampus saya Unpad. Asrama yang disediakan, karena memang tujuannya untuk membantu mahasiswa BM, harganya terbilang terjangkau dibandingkan harga kos-kosan standar di sekitar kampus dan fasilitasnya pun tidak ecek-ecek. Sanagt cocok buat yang merantau jauh terus takut jadi korban calo dan akhirnya uang habis banyak untuk kosan, setidaknya untuk tahun pertama.

Mengacu ke kampus saya lagi, anak Bidikmisi Unpad juga diberi keringanan dalam fasilitas kesehatan, yaitu digratiskan (untuk batas nominal tertentu) untuk berobat di klinik milik Unpad.

5. Bisa Mengikuti Kegiatan Spesial Khusus Mahasiswa BM

Image result for kabim unpad
Kulawargi Bidikmisi (Kabim) Unpad by http://www.youtube.com

Mengacu ke kampus saya, di Unpad ada organisasi khusus yang menaungi mahasiswa BM. Tentunya, ini jadi salah satu kesempatan juga untuk melatih softskills dalam berorganisasi. Ada juga lomba-lomba yang bisa menjadi ajang mengumpulkan prestasi seperti lomba kisah inspiratif, debat, pidato, dll. Organisasi tersebut juga memfasilitasi mahasiswa BM dalam berbagai hal juga termasuk kredit laptop.

Selain itu, kampus saya juga mengadakan pelatihan/pembekalan khusus untuk anak BM dan biasanya itu jadi ajang “Perbaikan gizi” haha. Saya tidak tahu detailnya di PTN lain seperti apa jadi tiak bisa berkomentar terlalu banyak.

6. Tanpa Ikatan Dinas

Image result for mahasiswa bidikmisi
Mahasiswa Bidikmisi by http://www.iain-surakarta.ac.id

Ini nih salah satu alasan kenapa saya memilih BM. Kita tidak ada ikatan khusus harus ini, itu, kerja di sini, kerja di sana, setelah lulus nanti ataupun diancam harus cash back kalau gak mematuhi ikatan dinas semacam tersebut. Di sini, balik lagi ke moral dan tanggung jawab masing-masing untuk kuliah dan mengabdi dengan benar karena uang BM itu adalah uang dari “Rakyat”.

7. Dapet Akses Mudah untuk Beasiswa Pascasarjana

Image result for lpdp afirmasi
Beasiswa LPDP by http://style.tribunnews.com

Pernah mendengar beasiswa yang sangat famous bernama LPDP? Hampir semua orang tau betapa dahsyatnya beasiswa ini, dahsyat dibalik ari segi income maupun seleksinya, haha. Tapi, tau kah bahwa anak BM punya celah untuk bisa menjadi awardee LPDP secara lebih mudah? Jika kita baca dengan seksama panduan beasiswa LPDP, di sana disebutkan bahwa mahasiswa BM yang lulus dengan IPK di atas 3,50 bisa masuk jalur afirmasi yang notabene syaratnya kebih mudah dari beasiswa LPDP biasa seperti syarat skor TOEFL yang dirurunkan serta adanya pelatihan bahasa dan pengarahan untuk memilih universitas setelah menjadi awardee.

Selain itu, menurut peraturan LPDP terbaru, pelamar LPDP Afirmasi mempunyai jumlah daftar universitas yang jauh lebih banyak daripada pelamar reguler. This is a nice chance!

8. Bonus : Rincian Dana Bidikmisi Unpad

Berikut adalah rincian dana BM yang didapatkan mahasiswa BM Unpad persemester (terakhir diperbarui Agustus 2018) :

  • Nominal permahasiswa : Rp. 6.300.000,-
  • Untuk UKT : Rp. 2.000.000,- (langsung ditransfer ke universitas)
  • Uang biaya hidup : Rp. 3.900.000,-
  • Uang buku : Rp. 400.000,-

Nah mungkin segitu saja, ya, sharing-sharing malam ini. Semoga bisa memotivasi para pejuang semua bahwa selalu ada jalan untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi walau kasarnya kalian adalah orang ter-poor sekalipun. Coba tengok kisah-kisah anak BM di google. Kalian gak akan hanya nemu satu dua kisah mahasiswa yang bisa berprestasi dan kuliah di PTN top meskipun orang tuanya hanya bekerja serabutan, tukang cilok, dll. Jangankan kuliah di PTN top. Dengan LPDP Afirmasi, kuliah di PT top dunia pun buka lagi hal yang mustahil.

Sekian. See you, guys!

Note : Dilarang copas tanpa izin! Plagiarisme bukan tindakan terpuji.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: