Tips Dasar Lancar Berbahasa Inggris

Halo semuanya. Kali ini, saya akan membagikan tips lancar berbahasa Inggris versi saya.

Berapa banyak nih dari kalian yang masih phobia bahasa Inggris? Berapa banyak nih dari kalian yang masih bilang “Gue ngerti kalau dengerin atau baca. Tapi, kalau mau ngomong sama nulis, susah.”? Nah saya pernah mengalami hal serupa juga, guys. Jadi, saya ingin berbagai ke kalian.

Setiap orang pasti punya metode masing-masing untuk belajar. Saya tekankan lagi, saya akan share tips dan cara belajar bahasa Inggris versi saya.

P. S : Saya bukan anak jurusan bahasa Inggris. Saya sangat terbuka bila ada sanggahan.

1. Belajar lewat teori atau praktek langsung? Why not both?

Image result for fluent english
Buku Bahasa Inggris by http://www.livrebank.com

Sepengamatan saya, ada benerapa orang yang belajar bahasa Inggris hanya dengan salah satu cara di atas. Yang satu lebih seneng baca-baca buku tenses, ngafal vocab, dll., yang satu lebih seneng nonton film berbahasa Inggris, dengerin lagu berbahasa Inggris, baca novel berbahasa Inggris, dll.

Mana yang sebaiknya dilakukan?

Tidak ada yang salah, sekali lagi. Dua-duanya bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Namun, sepengamatan saya, ada beberala kelemahan jika hanya fokus ke salah satunya saja :

  • Fokus ke teori gak biasa praktek : Hanya tau konsep tetapi susah untuk berkomunikasi.
  • Fokus ke praktek gak bisa teori : Dalam satu titik, progres berbahasanya akan mandek karena tidak punya arahan jelas bagaimana untuk berkomunikasi dengan baik (karena kita bukan native speaker)

Saya sendiri pernah merasakan merasakan keduanya akinat hanya fokus ke teori dalam belajar bahasa Inggris dan hanya fokus praktek dalam belajar bahasa Jepang. Jadi, alangkah baiknya, keduanya berjalan berdampingan. Kuasai teorinya dengan baik agar tau konsepnya, lalu praktekan di kehidupan sehari-hari.

1.1 Contoh

Berbeda dengan bahasa Indonesia, di bahasa Inggris, ada yang namanya tenses yang menunjukkan keterengan waktu dari suatu kalimat. Dengan tenses ini, kita bisa jadi lebih fluent dalam bahasa Inggris dan bisa merepresentasikan ide dengan baik sehingga tidak mengarah ke misunderstanding.

Mempelajarinya bisa dimulai dengan theoretically mempelajari konsep tenses dengan membagi tenses ke dalam tiga bentuk dasar (present, past, future) kemudian belajar turunannya.

Kemudian, kita coba praktekan menulis kalimat dan berbicara denan berbagai tenses yang telah kita pelajari secara kontinu. Misalnya, kita berpura-pura cerita ke temen kalau kamu habis pulang dari Bali.

“Hi Scort. How do you do? I’m so happy now (simple present tense) because I’ve just finished my lovely holiday in Bali (present perfect tense). I met many nice foreigners there (simple past tense). I will tell anyone about that amazing holiday (simple future tense).”

Selain itu, kita juga dapat menambah pemaham tenses dari membaca dan mendengarkan. KIta akan tau penggunaan tenses pada real cases dan dapat mencontohnya.

2. Bedakan Active Skills dan Passive Skills

Image result for english listening
Listening by http://www.fluentu.com

Sering denger orang bilang “Gue ngerti kalau denger. Tapi kalau mau ngomong, susah.”? Nah itu karena listening sama speaking itu jenis skill berbahasa yang berbeda. Listening itu passive skill (menerima informasi), sedangkan speaking itu active skill (memberikan informasi). Cara belajarnya beda. Prakteknya beda.

Jadi, kita tidak bisa begitu saja bisa speaking dengan hanya nonton film Hollywood terus menerus. Juga, tidak bisa begitu saja bisa listening hanya dengan sering monolog di kamar. Jika ingin bisa speaking, prakteklah speaking. Jika ingin bisa listening, prakteklah listening. Begitu juga dengan reading dan writing.

Namun, passive skills juga sangat dapat membantu kemahiran active skills karena passive skills merupakan input untuk active skills.

3. Jangan Mengotak-ngotakkan Skill Berbahasa Inggris.

Image result for english writing
Gambar by http://www.comedica.de

Pernah berpikir “Ah gue sih fokusnya pengen lancar ngomong aja. Jadi gak perlu lah belajar vocab atau grammar yang njelimet itu.”? Nah, itu salah, guys. My tutor said, English is one. English itu bukan hanya speaking, listening, vocab, grammar. English itu satu. Untuk bisa speaking, kita harus paham grammar, vocab, dan pronunciation yang benar (again ini untuk efisiensi mengingat kita bukanlah penutur asli bahasa Inggris). Untuk writing, kita perlu menguasai structure, grammar, dan vocab (contohnya). Memang ada fokus yang harus dipelajari sesuai kebutuhan. Tapi, skill dasar tetap harus dipelajari.

4. Make Your Own English World

Image result for english speaking countries
Negara berbahasa Inggris by http://busyteacher.org

Kalau pengen bisa berbahasa Inggris, gampang saja, katanya. Pergi saja ke UK atau USA setahun. Tapi, di sini Indonesia, bro. Berapa juta yang harus dihabiskan jika mau stay di UK setahun. Belum ongkosnya. Belum visa, dll.

Tapi tidak masalah. Kita bisa membuat dunia bahasa Inggris kita sendiri, kok. Caranya bisa dengan mengubah bahasa di gadget-mu dengan bahasa Inggris, semua subtitle film pake bahasa Inggris, caption Instagram pake bahasa Inggris, dll. Dunia bahasa Inggris akan membuat kita lebih terbiasa dengan bahasa Inggris itu sendiri.

Lalu, coba mulai googling dengan bahasa Inggris mulai dari sekarang. Selain dapat mengasah bahasa Inggris, informasi yang didapatkan juga akan lebih kaya dan bagus karena informasi yang tersedia dalam bahasa Inggris sangat jauh lebih banyak.

5. Pilih Kiblat Bahasa Inggrismu

Image result for british vs american english
AmE vs BrE by http://www.youtube.com

Bahasa Inggris memang sama dan satu. Tapi, di antara dua mahzab besar bahasa Inggris (American (AmE) dan British (BrE)), ada banyak perbedaan dalam hal vocabulary dan pronunciation. Buat diri kalian konsisten untuk menggunakan salah satu di antaranya agar tidak campur aduk dan merepotkan ke depannya (misalnya jika ingin mengambil tes TOEFL atau IELTS). Namun, jangan menjadi apatis ke mahzab yang tidak kita jadikan kiblat. Tetap harus dipelajari supaya tau perbedaannya.

6. Selalu Sedia Kamus

Image result for u-dictionary
U-Dictionary by https://play.google.com

Kamus sangat penting untuk dimiliki karena ini merupakan akses yang baik untuk mengetahui arti kata atau kalimat dalam bahasa Inggris. Tentunya, di zaman now ini, kita tidak perlu membawa-bawa kamus segede bantal ke mana-mana. Semuanya included di dalam gadget kita.

Berikut ada kamus yang saya rekomendasikan :

6.1 Cambridge Dictionary

Kamus Cambridge, menurut saya, merupakan kamus English-to-English yang paling enak dipakai karena selain mudah diakses, kamus ini juga menyediakan dua jenis pengucapan suatu kata (UK dan US) serta definisi, contoh kalimat, kelas kata, serta level vocab yang kita cari.

Kamus Cambridge 2
Contoh Penggunaan Kamus Cambridge

6.2 U-Dictionary

U-Dictionary merupakan kamus Indonesia-Inggris yang sangat bagus. Kamus ini tentu dibutuhkan untuk mengecek arti kata bahasa Indonesia dalam bahasa Inggris karena hal tersebut tidak mungkin dilakukan menggunakan kamus English-to-English. U-Dictionary juga mempunyai banyak fitur keren dan useful untuk belajar bahasa Inggris.

6.3 Google Translate

Meskipun terjemahannya kadang kacau, Google Translate dapat berguna untuk beberapa kasus terjemahan termasuk penerjemahaan kalimat yang tidka bisa dilakukan secara mudha oleh kamus biasa.

7. Investasikan Sedikit Uang dan Waktu Untuk Belajar di Kampung Inggris Pare

Image result for kampung inggris
Kampung Inggris by http://www.zooperkampunginggris.com

Dalam belajar bahasa, intensivitas lebih penting daripada durasi. Contohnya, akan lebih efektif belajar bahasa inggris intensif di lingkungan berbahasa Inggris satu bulan penuh daripada mengadakan English day mingguan atau belajar bahasa Inggris seminggu sekali tapi enam hari sisanya kembali berbahasa Indonesia.

Nah ,maka dari itu, saya merekomendasikan kalian untuk belajar di Kampung Inggris setidaknya satu bulan untuk membentuk lingkungan tersebut. Jujur saya mengalami hal itu sendiri. Benar-benar efektif. Salah satu perbedaan belajar di Pare dengan di tempat lain itu adalah lingkungannya yang sangat mendukung. Di sana, kalian bisa nyerocos bahasa Inggris sepuasnya di mana-mana tanpa akan disangka sok Inggris.

Tapi, be carefull. Ada ratusan lembaga di sana. Pilih lembaga yang sesuai dengan konsentrasi yang akan diambil (speaking, TOEFL, IELTS, pramugari, dll.). Jangan lupa, cek kredibilitas lembaganya agar tidak terjadi “Penipuan”.

Setidaknya, going to Pare ini bisa menjadi alternatif yang lebih low-budget untuk berada di linkungan berbahasa Inggris dibandingkan dengan pergi ke luar negeri.

Oke. Mungkin segitu saja tips kali ini. I hope it’s highly beneficial. Nantikan tips-tips selanjutnya!

Daftar Tips Bahasa Inggris yang Lain

Note : Yang belum bisa diklik berarti belum selesai.

See you!

Warning  : Jangan copas! Jangan copas! Jangan copas!

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: