Panduan Masuk Kuliah S-2 (Master) di Inggris (United Kingdom)

Hai, semuanya! Kembali lagi bersama saya, hehe. 🙂

Kali ini, saya akan berbagi mengenai cara daftar S-2 di Inggris alias United Kingdom. Negara ini memang selalu jadi primadona banyak orang untuk kuliah karena merupakan salah satu negara dengan pendidikan yang paling bagus di dunia. Beberapa universitas top dunia juga bertengger di negara ini seperti Cambridge, Oxford, UCL, dan Imperial.

Saya sendiri sudah keterima di beberapa universitas di UK. Di antaranya adalah The University of Manchester, University of Bristol, The University of Warwick, University of Leeds, sama University of Liverpool. Jadi, mungkin pengalaman saya dapat bermanfaat bagi kita di sini. 🙂

The University of Manchester by smapse.com

1. Menentukan Universitas dan Jurusan Tujuan

Di tahap ini, kita dituntut untuk rajin serajin-rajinnya googling dan mencari informasi karena jurusan S-2 di UK itu sangat-sangatlah variatif dan spesifik. Kita bisa berangkat dari mencari universitas di UK berdasarkan peringkat lewat QS World. Di situs tersebut, kita bisa melihat ranking universitas secara keseluruhan maupun ranking berdasarkan jurusan.

Bisa juga kita cari lewat situs Houtcourses. Di situs tersebut, kita dapat dengan mudah mencari jurusan dari berbagi universitas di dunia.

Web Hotcourses

Perlu diketahui juga bahwa jenis S-2 di Inggris (dan di beberapa negara lain), studi S-2 dibagi ke dalam dua jenis : Master by Coursework (Taught Degree) dan Master by Research. Bedanya adalah jika kuliah dengan master by coursework, kuliahnya seperti S-1 atau kuliah di kelas, sedangkan jika kuliah dengan master by research, kuliahnya fully riset seperti S-3. Jadi, silakan pertimbangkan ingin memilih yang mana.

2. Menentukan Metode Daftar

Untuk daftar di universitas di UK, kita bisa lakukan dua cara : Daftar sendiri atau via agen pendidikan.

Banyak universitas di UK yang bekerja sama dengan agen pendidikan di Indonesia. Contohnya ada IDP Education dan Sun Education.

Kelebihan menggunakan jasa agen adalah kita tidak perlu repot-repot mengisi formulir online atau submit berkas sendiri. Kita hanya perlu setor berkas ke pihak agen. Selain itu, kita juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara gratis untuk menentukan universitas yang cocok. Namun, jika kita ingin apply ke universitas top seperti Oxford atau UCL, kita mau tidak mau harus daftar sendiri karena universitas-universitas tersebut tidak bekerja sama dengan agen.

Bagi kita yang ingin apply sendiri pun sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan karena cara mendaftarnya sangat mudah, hanya butuh koneksi internet (sebagai fasilitas).

3. Mempersiapkan Persyaratan

Walaupun beda-beda, universitas di UK mempunyai persyaratan yang mirip. Maka dari itu, saya akan coba merangkum berkas apa saja yang biasanya diminta.

Persyaratan masing-masing jurusan dan universitas bisa dicek sendiri dengan mudah via google dengan keyword “University X postgraduate admission”. Nanti, akan ketemu panduan apply beserta syarat-syaratnya perjurusan.

Contoh Googling Postgraduate

Berikut adalah persyaratan yang biasanya dibutuhkan :

3.1 Ijazah dan Transkrip Nilai

Ijazah Saya

Ijazah dan transkrip nilai yang dimaksud tentunya harus berbahasa Inggris (karena mereka tidak ngerti bahasa Indonesia, haha). Biasanya, universitas asal kita sudah menyediakan ijazah dan transkrip nilai berbahasa Inggris. Kalaupun tidak, biasanya universitas membuka jasa translate ijazah dan transkrip nilai. Di luar sana, juga banyak jasa penerjemah yang kredibel.

3.2 Curriculum Vitae (CV)

CV Europass by https://europass.cedefop.europa.eu

CV biasanya diminta oleh universitas sebagai berkas untuk mengetahui track record kita. Saran saya, buat CV menggunakan CV Europass karena CV ini sudah memiliki format yang bagus dan widely accepted walaupun UK udah keluar dari Uni Eropa. Tidak perlu bisa desain untuk membuat CV ini. Tinggal buka link di atas, lalu isi sendiri secara online. Isi selengkap-lengkapnya dan highlight track record yang bagus untuk apply S-2 tetapi jangan melebihi tiga halaman karena akan terlalu panjang.

Mau tau tips ampuh membuat CV? Klik di sini.

3.3 Paspor

Paspor by https://alibaba.kumpar.com

Paspor dibutuhkan sebagai identitas resmi kita di dunia internasional karena KTP cuma berlaku di Indonesia haha. Cara membuatnya gampang sebenarnya. Namun, yang susah itu mencari tanggal dan antreannya. Untuk lebih mudahnya, download aplikasi “Antrian Paspor” di playstore dan segera book antrean di kantor imigrasi terdekat.

Cara membuat paspor lengkap bisa dilihat di sini.

3.4 Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi yang dibutuhkan biasanya ada dua. Rekomendasinya diberikan oleh dosen kita dikampus atau atas kerja kita (bagi yang sudah bekerja). Biasanya, tidak ada format khusus dalam membuat surat ini. Silakan pilih atasan atau dosen yang mengenal kita dengan baik. Periksa juga rekomendasi yang mereka buat agar bahasa Inggrisnya baik dan benar (syukur-syukur mereka sangat baik dalam bahasa Inggris). Jangan lupa untuk mencantumkan email resmi (bukan email gmail atau yahoo) dari dosen atau atasan kerja kita dalam surat atau formulir pendaftaran.

P.S. : Beberapa universitas tidak meminta rekomendasi berupa surat, tetapi langsung ditulis online oleh perekomendasi. Jadi, pastikan kita benar-benar berkomunikasi dengan perekomendasi kita.

Tips dan panduan menulis surat rekomendasi bisa dilihat di sini.

3.5 Sertifikat Bahasa Inggris (IELTS)

Sertifikat IELTS Saya

Karena kita bukan negara berbahasa Inggris, maka ini sangat dibutuhkan. Hampir tidak ada universitas di UK yang menerima TOEFL. Semuanya meminta IELTS sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris.

Silakan tes IELTS di lembaga resmi penyelenggara IELTS di Indonesia :

Skor minimal yang dibutuhkan biasanya adalah 6.5 (kurang lebih setara TOEFL 550 – 570) untuk jurusan saintek dan 7.0 (kurang lebih setara TOEFL 570 – 600) untuk jurusan soshum. Silakan cek di website masing-masing universitas.

Jika ingin menaklukan IELTS, silakan cek post saya yang ini.

P.S. : Jika skor IELTS kita masih kurang dari minimal (atau bahkan beberapa universitas membolehkan apply tanpa IELTS terlebih dahulu), kita tetap punya peluang untuk diterima tetapi diterima dengan syarat. H-1 bulan sebelum perkuliahan, kita harus mengirimkan IELTS yang memenuhi. Jika tidak, penerimaan kita akan dibatalkan.

3.6 Personal Statement (Motivation Letter)

Nah ini, nih, bagian yang paling challenging dari universitas di UK. Semua universitas di UK pasti akan meminta ini. Kasarnya, personal statement (PT) adalah surat lamaran ke universitas tersebut. Jadi, kita harus menceritakan kenapa kita harus diterima di sana, apa yang bagus dari saya, dll. Jangan lupa untuk memilih kata-kata yang sesuai dan grammar yang tepat. Sekali universitas tidak tertarik membaca PT kita, bukan tidak mungkin aplikasi kita akan langsung di-reject.

Cara dan tips ampuh untuk membuat personal statement bisa dilihat di link ini.

Here is a video which explains how to make a good personal statement from University of Birmingham.

3.7 Research Proposal (Untuk Master by Research)

Karena kuliah di master by research itu fully riset, kita diharuskan untuk membuat proposal penelitian terlebih dahulu dan menghubungi calon pembimbing kita di universitas.

3.8 Application Fee

Beberapa universitas di UK (tidak semua) meminta application fee atau uang pendaftaran. Kisarannya, biasanya, sekitar 50 pound sterling atau sekitar 1 juta rupiah (waw!) untuk satu aplikasi. Maka dari itu, harus benar-benar mengecek persyaratan universitas yang dituju.

Berikut ada beberapa universitas yang free application fee yang saya tahu (informasi dapat berubah sewaktu-waktu) :

  • Imperial College London (Kecuali Business School)
  • The University of Manchester
  • University of Bristol
  • University of Leeds
  • University of Liverpool
  • Queen Mary University of London
  • University of Glasgow (Kecuali postgraduate taught degree in the Adam Smith Business School)
  • Cardiff University
  • University of Exeter
  • University of Sheffield

4. Mendaftar

Jika kita mendaftar sendiri, silakan daftar via online di masing-masing universitas. Biasanya akan ada link “Apply online” yang mengarah ke pembuatan akun dan pendaftaran online. Cara daftarnya hampir taka da bedanya dengan bikin akun media sosial. Tinggal isi formulir sebaik-baiknya, upload berkas, lalu submit (dan bayar application fee jika diperlukan).

Contoh Tombol Apply Online The University of Manchester

Universitas di UK biasanya membuka pendaftaran sepanjang tahun dari mulai Oktober tahun sebelumnya sampai Agustus tahun berikutnya. Namun, jika kuota sudah penuh, universitas biasanya akan menutup pendaftaran. Jadi, persiapkan sedini mungkin.

5. Keputusan

Setelah submit, kita tinggal menunggu keputusan penerimaan kita. Keputusan akan dikiirm via email atau akun universitas kita. Khusus untuk Oxford dan Cambridge, biasanya, mereka mengadakan interview terlebih dahulu sebelum memutuskan penerimaan kandidat.

LoA dari The University of Manchester

Jangka waktu diberi keputusan ini pun macam-macam (biasanya sih satu bulan). Berikut ada jangka waktu decision mengenai aplikasi saya terhitung dari tanggal submit :

  • The University of Manchester : Tiga minggu
  • The University of Warwick : Sepuluh hari
  • University of Bristol : Tiga minggu
  • University of Leeds : Satu bulan sepuluh hari
  • University of Liverpool : Tiga bulan

Ketika sudah diterima atau dapat LoA (Letter of Acceptance), jangan diam dulu. Silakan ikuti prosedur selanjutnya agak kita dapat benar-benar sah menjadi mahasiswa di universitas kita.

Oke, mungkin segitu saja dulu. Saya gak nyangka artikelnya bisa sepanjang ini, haha. Semoga bermanfaat. Let’s do our best!

Warning : Don’t remove the credit if you want to share this. Saya tidak suka plagiarisme.

7 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: