Kegiatan Yang Bisa Diikuti Mahasiswa Selain Kuliah di Kelas

Hai, semuanya! Kembali lagi bersama saya haha. 🙂 Kali ini, saya akan sharing mengenai beberapa kegiatan yang bisa dilakukan mahasiswa selain tentunya duduk manis kuliah di kelas. Setidaknya, selama menjadi mahasiswa, kalian harus mencoba beberapa kegiatan di sini karena sangat penting untuk belajar dari sesuatu di luar kelas. Mumpung masih kuliah. Mumpung masih punya wkatu buat eksplor sana-sini. Jadikan masa-masa kuliahmu penuh dengan pengalaman keren (asyik). 🙂

Oke, langsung aja kita bongkar satu-satu, ya.

Disclaimer : It’s based on my own experience when I was a student.

1. Organisasi

Oke. Ini memang sering digembar-gemborkan sama para mahasiswa. Memang sudah gak asing, sih. Paling di sini, saya akan menjelaskan secara lebih rinci biar kita tidak hanya tau BEM saja.

Badan Kelengkapan Himatika FMIPA Unpad 2016 by himatika.fmipa.unpad.ac.id (guess where am I 🙂 )

1.1 Badan Eksekutif

Intinya, badan eksekutif itu kayak kabinet kepresidenan di Indonesia. Isinya adalah sekumpulan orang yang dipilih oleh pimpinan badan ekesekutif tersebut seperti presiden atau ketua BEM. Nah, BEM itu termasuk dalam organisasi jenis ini dan skalanya macam-macam. Ada BEM tingkat jurusan atau himpunan, tingkat fakultas, sampai tingkat universitas.

Seperti halnya kabinet yang memiliki berbagai macam kementerian, BEM pun juga demikian. Di dalam BEM, terdapat berbagai macam departemen, divisi, atau kementerian yang mempunyai jobdesc masing-masing sesuai yang dibagi-bagi oleh ketua BEM. Ada divisi media informasi yang bertugas menangani media sosial dan informasi BEM. Ada divisi sosial masyarakat yang bertugas mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Ada juga divisi keilmuan yang bertugas mengadakan kegiatan pelatihan karya tulis, olimpiade, dll. Banyak lah pokoknya dan itu bisa bervariasi tergantung ketua BEM-nya (meskipun akan tetap mengacu ke undang-undang organisasinya, sih).

1.2 Badan Legislatif

Nah ini nih yang jarang terekspos. Sesuai dengan namanya, organisais ini mirip sama DPR/MPR di Indonesia. Tugasnya kurang lebih menjadi “Wakil rakyat” dengan rakyat di sini adalah mahasiswa. Misalnya, mengumpulkan aspirasi, mengadvokasikan aspirasi ke pihak yang berwenang, membuat undang-undang, sama mengawasi kinerja badan eksekutif. Nama organisasinya, biasanya, adalah BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa). Tingkatannya juga bisa mulai dari tingkat jurusan, fakultas, sampai universitas.

1.3 Rohis (Keagamaan)

Organisasi jenis rohis atau keagamaan, sesuai namanya, focus terhadap kegiatan-kegiatan kegamaan seperti dakwah, ibadah bersama, dan lain-lain. Organisasinya bisa merupakan lembaga internal kampus atau organisasi yang sudah skala nasional seperti KMNU, KAMMI, dll. Organisasi kegamaan juga ada dari berbagai agama.

Di dalam organisasi keagamaan, biasanya juga memililki berbagai divisi seperti halnya BEM karena jobdesc-nya pun macam-macam. Namun, karakteristiknya tentu belum tentu sama dengan BEM.

1.4 Paguyuban

Paguyuban di sini bisa bermacam-macam mulai dari paguyuban mahasiswa daerahmu atau beasiswa yang kamu ambil. Di universitas saya, contohnya, ada organisasi khusus mahasiswa Bidikmisi.

2. Kepanitiaan

Kepanitiaan ini, kasarnya, adalah sekumpulan orang yang bertugas untuk melaksanakan sebuah event yang biasanya diawasi oleh badan eksekutif.

Oke. Jadi gini. Dalam melaksanakan jobdesc-nya, badan eksekutif seringkali membuat program kerja yang berupa event. Nah, event-event tertentu (yang biasanya berskala besar), biasanya, membuka recruitment pelaksana event tersebut mulai dari ketua, panitia inti (seperti pimpinan divisi), sampai staf, karena tidak mungkin dilaksanakan sendirian oleh divisi BEM tersebut.

Prabu Unpad by liputan6.com

Kepanitiaan ini sifatnya lebih fleksibel dan berjangka pendek dibandingkan dengan organisasi yang masa jabatannya bisa setahun penuh. Event tersedia juga sangat beragam mulai dari acara pengenalan kampus a.k.a Ospek, seminar, olimpiade antar-siswa SMA, charity concert, dll.

3. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Oke. UKM ini mirip-mirip sama organisasi. Di dalamnya, terdapat undang-undang, struktur organsiasi, dll. Fokus UKM, biasanya, adalah minat bakat seperti penelitian, musik, seni, olahraga, dll. Di universitas saya aja ada sangat banyak UKM mulai dari UKM renang, musik sunda, bola basket, koperasi, radio mahasiswa, English speaking union, paduan suara, fotografi, dll. Buaanyak banget pilihannya dan tidak ada batasan maksimal berapa UKM yang bsia diikuti (kalau kuat) haha.

UKM Lises Unpad by unpad.ac.id

4. Asistensi

Asistensi ini lebih condong ke kegiatan akademik di luar kelas sebenarnya dan sifatnya lebih mirip “Bekerja” daripada “Berorganisasi”. Setidaknya, ada dua jenis asistensi dan biasanya, kita “Digaji” di sini.

Asisten Lab by unpad.ac.id

4.1 Asisten Dosen

Asisten dosen ini tugasnya memberikan tutorial kepada mahasiswa dalam mata kuliah tertentu tergantung mata kuliah apa yang kita asisteni. Tutorial ini sifatnya lebih ke pemantapan materi dengan pembahasan dan latihan soal, bukan menjelaskan konsep karena itu ranah dosen. Waktunya bisa fleksibel tergantung peraturan atau permintaan dosen.

Kadang-kadang, asisten dosen juga suka diajak penelitian bareng dosen.

4.2 Asisten Laboratorium

Tugas asisten laboratorium, biasanya, lebih variatif dari asisten dosen. Selain mengajar pada praktikum mata kuliah tertentu (ada beberapa mata kuliah yang membutuhkan praktek di laboratorium entah itu lab biologi, kimia, ataupun komputer), asisten laboratorium juga bertugas mengelola lab tempat dia mengajar. Tentunya, besar kemungkinan juga asisten laboratorium akan diajak penelitian yang berkaitan dengan lab tersebut.

5. Kerja Part Time

Kenapa saya gak bilang full time? Karena saya mengasumsikan kalian mengambil kelas regular, bukan kelas karyawan. Mahasiswa kelas reguler, tentunya, tidak bisa mengambil kerja full time karena waktu kerjanya bentrok dengan waktu kuliah. Kalaupun kerja dari senin sampai jumat, waktunya pasti antara sore sampai malam.

P. S : Mungkin kita bisa punya definisi berbeda tentang kerja full time ini. Tapi, yang saya maksud kerja full time di sini adalah kerja seperti karyawan biasa, yaitu pagi sampai sore setiap weekdays.

Kerja Part Time by http://www.hotcoursesabroad.com

Oke. Ada banyak pilihan bagi mahasiswa yang mau kerja part time. Pilihan yang paling mainstream adalah menjadi guru bimbel, guru privat, dan sejenisnya. Biasanya, mahasiswa memang dipercaya untuk mengajar, terutama mahasiswa PTN, karena orang berpikir bahwa mahasiswa memiliki kapabilitas yang terbukti dengan diterimanya mereka di perguruan tinggi.

Pilihan yang lain bisa macam-macam. Ada waitress, kasir, penerjemah, dll. Kita harus pintar-pintar mencari informasi dan peluang. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga dapat kerja kantoran.

6. Magang (Internship)

Magang ini biasanya mengambil waktu kerja full time. Jadi, hanya bsia dilaksankan pada saat liburan (berhubung libur kuliah biasanya lebih dari satu bulan). Kelebihan magang dibandingkan kerja part time adalah pilihan perusahaan dan posisi kerjanya yang banyak karena kita seolah-olah boleh menempati posisi pekerjaan setingkat lulusan kuliah walaupun, sebenarnya, masih mahasiswa. Sering-seringlah rajin mencari informasi mengenai magang ini. Biasanya, setiap perusahaan atau instansi pemerintah mencantumkan prosedur mendaftar magang di website mereka.

Internship by http://www.collegexpress.com

7. Wirausaha

Mahasiswa, tentunya, sangat memiliki peluang untuk berbisnis atau berwirausaha sendiri. Tidak usah hal yang besar-besar dulu. Kita bisa memulai berbisnis dari hal-hal kecil terlebih dahulu seperti jual makanan, buku kuliah, kerudung, party stuff, dll. Apalagi kids zaman now tentunya handal dalam bermain medsos dan internet. Manfaatkanlah, guys. 🙂 Beberapa temen saya ada yang sukses berwirausaha saat menjadi mahasiswa sampai bisa jadi sponsor event kampus.

Wirausaha by http://www.liputan6.com

8. Lomba

Nah ini adalah salah satu kegiatan yang sangat oke untuk dilakukan. Di luar sana, ada banyak sekali lomba yang bisa diikuti oleh mahasiswa, mulai dari olimpiade, karya tulis, desain, business plan, dll. Mengikuti lomba, tentunya, dapat banyak menambah ilmu serta pengalaman dan uang (kalau menang haha).

Math Olympiad by http://www.inverse.com

Kelebihan dari ikut lomba adalah biasanya, akan dibiayai atau dibantu oleh pihak kampus mengenai akomodasi, biaya pendaftaran, dll. Selain itu, sertifikat lomba juga sangat “Menjual” haha.

9. Student Exchange

Mau jalan-jalan sambil menambah pengalaman? Student exchange aja. Student exchange, biasanya, tersedia untuk dalam dan luar negeri. Waktunya pun bermacam-macam mulai dari satu semester penuh sampai hanya satu bulan pada saat liburan. Pihak kampus mungkin mempunyai kerja sama dengan universitas-universitas tertentu dalam mengadakan exchange. Rajin-rajinlah mencari informasi, ya.

Sebenarnya, exchange di sini gak selalu student exchange. Ada juga bentuk-bentuk exchange lain seperti pertukaran pemuda dan volunteering. Coba cek web ini.

Student Exchange by pinterest

10. Summer School

Ini mungkin asing but let me explain it. Summer school ini adalah kelas / kuliah singkat (biasanya satu bulan) yang membahas topik tertentu dalam suatu bidang keilmuan. Sesuai namanya, summer school ini dilaksanakan pas libur musim panas atau kurang lebih sekitar bulan Juni sampai Agustus. Silakan buka website-website universitas dalam dan luar negeri untuk mengetahui pendaftaran summer school. Summer school ini tentunya sangat bagus untuk menambah relasi, pengalaman, dan ilmu.

Summer School by http://www.harvard.edu

Oke, panjang ya? Haha.

Saya sendiri, waktu kuliah S-1, mengikuti beberapa kegiatan di atas :

  • BEM tingkat jurusan, fakultas, dan universitas;
  • Beberapa kepanitiaan Ospek, lomba matematika (jadi ketua satu kali), dan seminar;
  • Asisten dosen kalkulus dan asisten laboratorium matematika murni;
  • Summer school se-Asia Tenggara (tapi tidak selesai karena sakit);
  • Beberapa olimpiade dna lomba matematika (satu kali juara 3 nasional dan satu kali silver medalist).

Oke, segitu dulu saja, ya. See you in the next time!

Note : Copy / share boleh. Hilangin credit jangan. Plagiarism is never okay.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: